Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning melalui Pendekatan Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil belajar Siswa SMA N 1 Ambarawa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis


Aji Trihatmo, 4301407033 (2011) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning melalui Pendekatan Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil belajar Siswa SMA N 1 Ambarawa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning melalui Pendekatan Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil belajar Siswa SMA N 1 Ambarawa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis] Microsoft Word (Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning melalui Pendekatan Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil belajar Siswa SMA N 1 Ambarawa Pada Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis dari tahun ajaran 2005/2006 sampai 2009/2010 kurang dari 85% dan aktivitas belajar siswa yang kurang optimal, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model PBL dengan pendekatan TSTS agar siswa lebih mudah melakukan penyelidikan dan inquiri, sehingga siswa akan lebih mantap dalam penguasaan konsep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan model PBL melalui pendekatan TSTS terhadap hasil belajar siswa dan jika berpengaruh, berapa besar kontribusi model PBL melalui pendekatan TSTS terhadap hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model PBL melalui pendekatan TSTS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan berapa besar kontribusi model PBL melalui pendekatan TSTS terhadap hasil belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-A. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI-A4 sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model PBL melalui pendekatan TSTS dan kelas XI-A1 sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran ekspositori berpendekatan diskusi setelah dilakukan uji homogenitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan Uji anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, uji ketuntasan hasil belajar dan analisis hasil angket dan observasi. Analisis tahap awal menunjukkan, populasi memiliki tingkat homogenitas sama dan data berdistribusi normal. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan postes, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kontrol yaitu masing-masing sebesar 79,5 dan 72,176. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (4,219) > ttabel (1,998), sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antarkelompok. Uji korelasi diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,58 dan thitung (3,31) > ttabel (1,998), sehingga pengaruh yang ditimbulkan signifikan dengan harga koefisien determinasi sebesar 33,69%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PBL melalui pendekatan TSTS berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis dengan kontribusi sebesar 33,69%. Selain itu, model PBL melalui pendekatan TSTS mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,8% sehingga pembelajaran ini efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL, melalui pendekatan Two Stay-Two Stray, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:25
Last Modified: 27 Aug 2012 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14376

Actions (login required)

View Item View Item