Pengaruh Pembelajaran Genius Learning and Proactive (GL-PRO) Terhadap Hasil Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mayong Jepara

Abdul Aziz, 4301407030 (2011) Pengaruh Pembelajaran Genius Learning and Proactive (GL-PRO) Terhadap Hasil Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mayong Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) dari tahun ajaran 2004/2005 sampai 2008/2009 kurang dari 85% dan aktivitas belajar siswa yang kurang optimal, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan pembelajaran Genius Learning and Proactive (GL-PRO) agar siswa lebih mudah dalam menentukan gaya belajar yang dikehendaki, sehingga siswa lebih mantap dalam penguasaan konsep. Penggunakan pembelajaran GL-PRO akan mengoptimalkan proses pembelajaran karena pembelajaran yang mengoptimalkan keseluruhan anggota badan dan lingkungan serta belajar menggunakan percepatan materi disajikan ke dalam pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Genius Learning and Proactive (GL-PRO) terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA SMAN 1 Mayong Jepara pada tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 19 Mei 2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI-IA1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan pembelajaran Genius Learning and Proactive (GL-PRO), dan kelas XI-IA2 sebagai kelas kontrol yang hanya mendapatkan pembelajaran Proactive Learning setelah dilakukan uji homogenitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Diperoleh kesimpulan hipotesis dengan uji perbedaan dua rata-rata: penggunaan pembelajaran Genius Learning and Proactive (GL-PRO) berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp). Dari hasil analisis diperoleh rb 0,379 dengan besarnya kontribusi 14,36%. Simpulan pada penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran Genius Learning and Proactive (GL-PRO) berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa materi kelarutan (s) dan hasil kali kelarutan (Ksp) siswa kelas XI-IA SMA Negeri 1 Mayong Jepara dengan kontribusi 14,36%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran,GL-PRO, Hasil, Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 23:23
Last Modified: 26 Aug 2012 23:23

Actions (login required)

View Item