Pengaruh Model Pembelajaran Bervisi SETS melalui Diskusi Fish Bowl Menggunakan Artikel Kimia terhadap Hasil Belajar


Anisa Sholikhati, 4301407018 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Bervisi SETS melalui Diskusi Fish Bowl Menggunakan Artikel Kimia terhadap Hasil Belajar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Bervisi SETS melalui Diskusi Fish Bowl Menggunakan Artikel Kimia terhadap Hasil Belajar] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Bervisi SETS melalui Diskusi Fish Bowl Menggunakan Artikel Kimia terhadap Hasil Belajar) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Sistem pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar akan menyebabkan siswa terdorong dalam mempelajari suatu materi sehingga apa yang diperoleh siswa dari belajar akan lebih bermakna bagi dirinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowl menggunakan artikel kimia terhadap hasil belajar asam-basa kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowl menggunakan artikel kimia terhadap hasil belajar asam-basa kelas XI SMA N 1 Jekulo Kudus. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA N 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah total 132 siswa dan terbagi dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen sejumlah 34 siswa dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol sejumlah 33 siswa. Sampel pada penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 84, sedangkan kelas kontrol 79. Hasil analisis data menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowl menggunakan artikel kimia terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan angka korelasi 0,46 dengan pengaruh 21,24%. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik juga ditunjukkan secara deskriptif melalui hasil rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bervisi SETS melalui diskusi fish bowl menggunakan artikel kimia memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diberikan adalah Model pembelajaran bervisi SETS-diskusi fish bowl menggunakan artikel kimia sebaiknya juga diterapkan pada materi kimia yang lainnya. Tentunya dengan perbaikan dan penyesuaian sesuai dengan yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SETS, Diskusi Fish Bowl, Artikel Kimia, Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:18
Last Modified: 27 Aug 2012 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item