Pengaruh Penerapan FSS (Fun, Simple, and Safe) Chemistry Lab Work dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas VII SMP N 1 Susukan


Dwi Alfiatun, 4301407008 (2011) Pengaruh Penerapan FSS (Fun, Simple, and Safe) Chemistry Lab Work dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas VII SMP N 1 Susukan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan FSS (Fun, Simple, and Safe) Chemistry Lab Work dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas VII SMP N 1 Susukan] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan FSS (Fun, Simple, and Safe) Chemistry Lab Work dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas VII SMP N 1 Susukan) - Published Version
Download (50kB)

Abstract

Karena baru diberlakukan pada KTSP tahun 2006, bagi siswa maupun guru, pelajaran kimia merupakan hal yang baru serta pelajaran yang sulit bagi siswa, karena konsep-konsep dalam kimia sebagian besar abstrak. Oleh karenanya dibutuhkan pembelajaran kimia yang inovatif, menarik, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan metode pembelajaran kimia SMP berupa FSS (Fun, Simple, And Safe) Chemistry Lab Work serta mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh penerapan FSS (Fun, Simple, And Safe) Chemistry Lab Work dengan pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar kimia siswa kelas VII SMP N 1 Susukan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Susukan. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, sampel penelitian yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen diberi metode FSS (Fun, Simple, And Safe) Chemistry Lab Work dan kelas VII A sebagai kelas kontrol diberi metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre test pada kelas eksperimen 50,62 dan kelas kontrol 50,20. Rata-rata nilai post test kelas eksperimen 80,15 dan kelas kontrol 71,00. Hasil uji perbedaan dua rata- rata satu pihak kanan harga diperoleh thitung sebesar 4,095 lebih besar daripada ttabel 2,00, menunjukkan ada rata–rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil perhitungan korelasi diperoleh thitung sebesar 5,49 lebih tinggi dari ttabel 2,00 sehingga FSS (Fun, Simple, and Safe) Chemistry Lab Work berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa penerapan FSS (Fun, Simple, And Safe) Chemistry Lab Work dengan pendekatan keterampilan proses mempengaruhi hasil belajar sebesar 31,01%. Saran yang diberikan: guru kimia SMP hendaknya menerapkan metode FSS (Fun, Simple, And Safe) Chemistry Lab Work dengan pendekatan keterampilan proses sebagai variasi metode mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan keterampilan proses sains, FSS (Fun, Simple, and Safe) Chemistry Lab Work, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:00
Last Modified: 27 Aug 2012 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14362

Actions (login required)

View Item View Item