Komparasi Hasil Belajar Antara Pembelajaran Stad Dan Pembelajaran Ctl Menggunakan Handout Pada Siswa Kelas X Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Di Sma Negeri 3 Pati

Adi Prihandono, 4301407007 (2012) Komparasi Hasil Belajar Antara Pembelajaran Stad Dan Pembelajaran Ctl Menggunakan Handout Pada Siswa Kelas X Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Di Sma Negeri 3 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah siswa masih kesulitan dalam memahami materi mata pelajaran kimia yang di berikan oleh guru. Siswa kesulitan dalam mencapai ketuntasan belajar memenuhi KKM sebesar 70 pada materi hukum-hukum dasar kimia. Berdasarkan pertimbangan uraian diatas maka penulis memilih melakukan penelitian dengan judul “Komparasi Hasil Belajar Antara Pembelajaran STAD dan Pembelajaran CTL Menggunakan Handout Pada Siswa Kelas X Materi Hukum-hukum Dasar di SMA Negeri 3 Pati”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang menerima model STAD dan CTL serta mengetahui hasil belajar kimia yang lebih baik dari keduanya. Metode penelitian dalam penelitian ini yakni metode pengumpulan data yang meliputi metode dokumentasi, metode tes. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas X-1 sampai siswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Pati. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan persyaratan data populasi harus homogen. Untuk sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen 1, menerima model pembelajaran STAD menggunakan handout dan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran CTL dengan handout. Hasil penelitian yakni setelah menerima pembelajaran dengan perlakuan yang berbeda rata-rata nilai kelas eksperimen 1 yang diberi pembelajaran STAD adalah 76,15 dan kelas eksperimen 2 yang diberi pembelajaran CTL adalah 58,83. Kedua kelas berdistribusi normal, dan mempunyai varians yang sama, sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata akhir antara kelas eksperimen I dan eksperimen II dihasilkan thitung(6,91) > ttabel(1,67) yang berarti ada perbedaan yang signifikan, yang berarti rata-rata kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2 yang membuktikan bahwa pengajaran menerapkan pembelajaran STAD relatif lebih baik daripada pembelajaran CTL. Oleh karena itu saran dari peneliti hendaknya guru lebih bijaksana dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan sehingga dapat menciptakan situasi dan kondisi kelas yang kondusif agar hasil belajar kimia mengalami peningkatan serta siswa lebih mudah dalam menerima materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, STAD, CTL, Handout, dan Hukum-hukum Dasar Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 22:56
Last Modified: 26 Aug 2012 22:56

Actions (login required)

View Item