Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snowball terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa Di SMA Walisongo Semarang pada pokok Materi Asam basa


Randa Fatma Wilis, 4301405103 (2011) Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snowball terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa Di SMA Walisongo Semarang pada pokok Materi Asam basa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snowball terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa Di SMA Walisongo Semarang pada pokok Materi Asam basa ] Microsoft Word (Pengaruh Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snowball terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa Di SMA Walisongo Semarang pada pokok Materi Asam basa ) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Walisongo, disekolah ini masih ditemui kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa, karena pembelajaran kimia yang ditemui masih didominasi oleh guru dengan metode ceramah Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat mempengaruhi aktivitas siswa adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe snowball dengan pendekatan kontekstual. Permasalahan penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran aktif tipe Snowball berpengaruh pada hasil belajar dan keaktifan siswa jika berpengaruh seberapa besar pengaruhnya. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dengan strategi pembelajaran aktif tipe Snowball terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa pada pokok materi Asam basa di SMA Walisongo Semarang Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA WaliSongo Semarang tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen (Snowball) dan XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol (konvensional) dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, metode angket dan metode tes. Pada analisis akhir hasil belajar post test dengan menggunakan uji kesamaan satu arah diperoleh t sebesar 2.873 hal ini berarti H0 ditolak, jadi hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada control dengan besar koefisien korelasi sebesar 0.56 . Jadi pengaruh hasil belajar dengan menggunakan sterategi pembelajran aktif tipe snowball dengan pengaruhnya sebesar 31.38%. Keaktifan belajar diperoleh sebesar 88.45% pada pengamat I dan 89.52 % pada pengamat II,untuk angket dipeoleh sebasar 78.32% Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran aktif tipe snowball dengan pendekatan kontekstual berpengaruh digunakan pada pembelajaran pokok materi asam basa dengan rata-rata hasil belajar post-test sebesar 76.43 (90%) pada kelompok ekperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata 72.53(76.67%). Disarankan bahwa dalam proses pembelajaran kimia penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snowball dengan kontektual berpengaruh digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, snowball, keaktifan, hasil belajar, asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 02:49
Last Modified: 27 Aug 2012 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14356

Actions (login required)

View Item View Item