Pemanfaatan Aplikasi Software Ringan Berbasis Flash dengan Menggunakan Teknik Latihan Terbimbing dalam Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan setelah Membaca Cepat 200 Kata per Menit pada Kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang
Ika Febriana, 2101408051 (2012) Pemanfaatan Aplikasi Software Ringan Berbasis Flash dengan Menggunakan Teknik Latihan Terbimbing dalam Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan setelah Membaca Cepat 200 Kata per Menit pada Kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pemanfaatan Aplikasi Software Ringan Berbasis Flash dengan Menggunakan Teknik Latihan Terbimbing dalam Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan setelah Membaca Cepat 200 Kata per Menit pada Kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang)
- Published Version
Download (11kB) |
Abstract
Di era modern saat ini media yang menyangkut teknologi tinggi sangat mampu untuk meningkatkan prsoswa belajar mengajar di sekloah. Media flash dimanfaatkan untuk menarik minat baca siswa karena modelnya yang seperti game atau permainan dalam komputer. Proses pembelajaran membaca cepat juga membutuhkan latihan dan praktik yang dilakukan terus-menerus. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang, menyatakan bahwa keterampilan membaca cepat untuk menyimpulkan isi bacaan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang masih rendah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat untuk menyimpulkan isi bacaan dengan menggunakan media flash dan teknik latihan terbimbing siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang?, (2) bagaimanakah hasil peningkatan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit dengan menggunakan media flash dan teknik latihan terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang?, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran keterampilan menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit dengan menggunakan media flash dan teknik latihan terbimbing pada kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang?. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat untuk menyimpulkan isi bacaan dengan menggunakan media flash dan teknik latihan terbimbing siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit dengan menggunakan media flash dan teknik latihan terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran keterampilan menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit dengan menggunakan media flash dan teknik latihan terbimbing pada kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flash, latihan terbimbing, keterampilan membaca cepat, menyimpulkan isi bacaan |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 02:50 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 02:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14355 |
Actions (login required)
View Item |