Efektivitas Penerapan Pembelajaran Hiperteks Berbasis Animasi dengan Microsoft Power Point 2007 terhadap Hasil Belajar Struktur Atom Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto


Taufik Hikmawan Yudistira, 4301405096 (2011) Efektivitas Penerapan Pembelajaran Hiperteks Berbasis Animasi dengan Microsoft Power Point 2007 terhadap Hasil Belajar Struktur Atom Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Pembelajaran Hiperteks Berbasis Animasi dengan Microsoft Power Point 2007 terhadap Hasil Belajar Struktur Atom Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto] Microsoft Word (Efektivitas Penerapan Pembelajaran Hiperteks Berbasis Animasi dengan Microsoft Power Point 2007 terhadap Hasil Belajar Struktur Atom Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Polokarto) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Untuk itu dibutuhkan pembelajaran dengan media yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran kimia, salah satunya penggunaan hiperteks dan sedikit animasi untuk menambah semangat siswa dalam belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian apakah penerapan pembelajaran Hiperteks dengan berbasis animasi efektif terhadap hasil belajar siswa? Tujuan dari penelitian untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran Hiperteks dengan berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Polokarto tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 144 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Sampel diperoleh setelah homogenitas populasi dihitung hasilnya 2,06 lebih kecil dibanding = 7,81. Variabel bebas penelitian ini pembelajaran hiperteks, sedangkan variabel terikat hasil belajar pada materi struktur atom. Desain penelitian ini control group pre test-post test design. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian soal uji coba, soal pre test dan post test, serta angket. Berdasarkan hasil perhitungan, uji Chi-kuadrat kelas eksperimen diperoleh = 3,33, sedangkan kelas kontrol 3,08 dengan = 7,81 sehingga populasi dinyatakan berdistribusi normal. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 77,96 sedangkan kelas kontrol 67,14. Hasil analisis menunjukkan keefektifan penggunaan Pembelajaran Hiperteks berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan angka estimasi rata-rata eksperimen 74,92-81,00 dan estimasi rata-rata kontrol sebesar 63,81 - 70,47. Begitu pula dalam uji peningkatan hasil belajar siswa diperoleh angka thitung = 17,389 pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol diperoleh thitung = 11,249. Dan pada kelas eksperimen diperoleh ketuntasan belajar dengan thitung sebesar 8,7 sedangkan kelaas kontrol 1,303. Hal ini menunjukkan keefektifan Hiperteks sebagai salah satu metode pembelajaran. Untuk rata-rata aspek afektif kelas eksperimen sebesar 81 sedangkan kelas kontrol 76. Untuk aspek psikomotorik rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 83 sedangkan kelas kontrol sebesar 77. Simpulan dari penelitian pembelajaran Hiperteks berbasis animasi efektif terhadap hasil belajar siswa materi struktur atom siswa kelas X SMA N 1 Polokarto tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang diberikan penulis adalah perlu ada penelitian lebih lanjut untuk kondisi siswa atau sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Hiperteks, Animasi, Program Micrososft Power Point 2007.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 02:46
Last Modified: 27 Aug 2012 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14353

Actions (login required)

View Item View Item