Penerapan Model Project Based Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Perubahan Bentuk Energi untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran


Rosyidatul Munawaroh, 4201408078 (2012) Penerapan Model Project Based Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Perubahan Bentuk Energi untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Perubahan Bentuk Energi untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran] Microsoft Word (Penerapan Model Project Based Learning dan Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Perubahan Bentuk Energi untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pembelajaran sains (IPA) tidak hanya belajar mengenai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pembelajaran IPA hendaknya berbasis pada empat pilar yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Oleh sebab itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat membangun empat pilar tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana penerapan model Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif dalam membangun empat pilar pembelajaran?, apakah ada perbedaan hasil belajar menggunakan model Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif dalam membangun empat pilar pembelajaran?. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif dalam membangun empat pilar pembelajaran, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif dalam membangun empat pilar pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII reguler SMP N 1 Tambakromo tahun pelajaran 2011/2012 yaitu kelas VIII-C, VIII-D, VIII-E, VIII-F, VIII-G, VIII-H. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen (VIII-D) dan kelas kontrol (VIII-F). Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan variabel bebasnya adalah penerapan model Project Based Learning dan variabel terikatnya adalah membangun empat pilar pembelajaran. Dari hasil tes diketahui penguasaan konsep materi energi dan perubahannya (learning to know) nilai post test kelas eksperiman lebih tinggi dari pada keals kontrol. Sedangkan dari analisis deskiptif data observasi diketahui bahwa presentase aspek belajar melakukan (learning to do), belajar mandiri (learning to be), dan belajar bekerjasama (learning to live together) kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa model Project Based Learning lebih tinggi dari pada model pembelajaran kooperatif dalam membangun empat pilar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, pembelajaran kooperatif, empat pilar pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 09:34
Last Modified: 27 Aug 2012 09:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item View Item