Penerapan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bunyi IPA Fisika Kelas VIII Smp Negeri 1 Bantarbolang


Mega Hening Widyaningsih, 4201407066 (2011) Penerapan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bunyi IPA Fisika Kelas VIII Smp Negeri 1 Bantarbolang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bunyi IPA Fisika Kelas VIII Smp Negeri 1 Bantarbolang] Microsoft Word (Penerapan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bunyi IPA Fisika Kelas VIII Smp Negeri 1 Bantarbolang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Model pembelajaran ceramah merupakan model pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered), dimana selama pembelajaran aktivitas siswa hanya sekedar menerima informasi yang disampaikan guru. Penerapan model pembelajarn ceramah yang kontinu menjadikan pembelajaran terkesan monoton sehingga siswa menjadi bosan dan kurang tertarik pada fisika. Hal ini berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih inovatif, salah satunya adalah Guided Discovery Learning. Melalui penerapan Guided Discovery Learning siswa tidak hanya sekedar menerima informasi yang disampaikan oleh guru melainkan siswa diajak untuk berpikir secara kritis dan aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Hasil uji kesamaan dua varians menunjukkan bahwa sampel penelitian homogen. Desain penelitian memakai Pre-test dan Post-test Group. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran ceramah. Simpulan yang diperoleh yaitu Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang dimaksud meliputi hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning, Hasil Belajar, Bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 02:19
Last Modified: 27 Aug 2012 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14348

Actions (login required)

View Item View Item