Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP


Candra Eko Purwanto, 4201407024 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Salah satu kecakapan hidup (life skill) yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan adalah keterampilan berpikir. Kemampuan berpikir juga sebagai sarana untuk mencapai tujuan pendidikan yaitu agar siswa mampu memecahkan masalah taraf tinggi. Tantangan masa depan menuntut pembelajaran harus lebih mengembangkan keterampilan high order of thinking. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran guided-discovery pada materi pemantulan cahaya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIIIA sampai VIIIF SMP Negeri 13 Magelang Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil dua kelas secara acak dari populasi yaitu kelas VIIIB dan VIIIC. Pengumpulan data untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis menggunakan metode tes. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pre-test post-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil kemampuan berpikir siswa yang diajar dengan model pembelajaran guided discovery mengalami peningkatan lebih tinggi. berdasarkan uji gain ternormalisasi membuktikan bahwa peningkatan 0.40 untuk siswa yang diajar menggunakan guided discovery dan 0,36 untuk siswa yang diajar menggunakan cooperatif learning. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Discovery, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:56
Last Modified: 27 Aug 2012 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item