Peningkatan Keterampilan menulis Puisi Menggunakan Teknik Kata Kunci melalui Media Movie Maker Pada Siswa Kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang


Laelatul Faizah, , 2101408016 (2012) Peningkatan Keterampilan menulis Puisi Menggunakan Teknik Kata Kunci melalui Media Movie Maker Pada Siswa Kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan menulis Puisi Menggunakan Teknik Kata Kunci melalui Media Movie Maker Pada Siswa Kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan menulis Puisi Menggunakan Teknik Kata Kunci melalui Media Movie Maker Pada Siswa Kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa SMA Negeri 16 Semarang belum dikatakan baik secara keseluruhan karena masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih konvensional sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker; (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker; (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada saat dilakukan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker; dan (4) bagaimana tanggapan siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang terhadap pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker pada siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker pada siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang; dan (4) mendeskripsikan tanggapan siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang terhadap pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker pada siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu keterampilan menulis puisi, teknik kata kunci, dan media movie maker. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker pada siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 66,81 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,46 atau dalam kategori baik. Pada siklus I ke siklus II meningkat 14,65 atau sebesar 21,93%. Peningkatan keterampilan menulis puisi juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatifke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus II dan tampak serius, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas X4 SMA Negeri 16 Semarang mengalami peningkatan dan perubahan perilaku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik kata kunci melalui media movie maker. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyampaikan hasil kepada guru terutama guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Negeri 16 Semarang untuk menggunakan teknik kata kuncidan media movie makersebagai alternatif media pembelajaran menulis puisi. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi dengan teknik dan media pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, teknik kata kunci, media movie maker.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:53
Last Modified: 27 Aug 2012 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item