Pengembangan Animasi Materi Pemuaian Kelas VII


Bayu Prasetio, 4201406575 (2011) Pengembangan Animasi Materi Pemuaian Kelas VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Animasi Materi Pemuaian Kelas VII] Microsoft Word (Pengembangan Animasi Materi Pemuaian Kelas VII) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Fisika merupakan suatu ilmu yang memerlukan pemahaman dari pada penghafalan, namun pada kenyataanya siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran fisika. Sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami pelajaran fisika, maka dibutuhkan alat bantu pembelajaran yang dapat memberikan visualisasi sehingga materi yang bersifat abstrak bisa dipahami dengan baik oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bentuk perangkat animasi pada topik pemuaian yang diharapkan dapat digunakan untuk membantu visualisasi yang sulit teramati atau membutuhkan waktu lama untuk mengamatinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan analisisnya meliputi dokumentasi dan checklist. Animasi yang dikembangkan terdiri dari tujuh fenomena dalam topik pemuaian. Animasi yang dikembangkan mendapat respon yang baik dari responden (siswa), dengan indikator tampilan, isi, animasi, dan kemudahan. Dari indikator tampilan mendapat respon sebesar 98,78%, dari indikator isi mendapat respon 94,63%, untuk indikator animasi mendapat respon 99,3%, dan untuk indikator kemudahan mendapat respon 97,73%. Dari respon yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa animasi topik pemuaian yang digunakan sebagai media pembelajaran fisika bagi siswa ini memiliki kriteria “baik”, dengan indikator keberhasilan sebesar 97,47%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Animasi fisika, Pemuaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:48
Last Modified: 27 Aug 2012 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item View Item