Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Sebagai Upaya Menumbuhkan Keterampilan Proses Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs NURUSSIBYAN Kota Semarang


Moh Hisyami Saidun Anwary, 4201406556 (2011) Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Sebagai Upaya Menumbuhkan Keterampilan Proses Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs NURUSSIBYAN Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Sebagai Upaya Menumbuhkan Keterampilan Proses Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs NURUSSIBYAN Kota Semarang] Microsoft Word (Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri Sebagai Upaya Menumbuhkan Keterampilan Proses Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs NURUSSIBYAN Kota Semarang) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTS NURUSSIBYAN Ngaliyan Kota Semarang diketahui bahwa selama ini pembelajaran fisika masih berpusat pada guru, siswa sangat jarang mendapatkan kesempatan untuk melakukan praktikum atau percobaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri dalam rangka meningkatkan keterampilan proses siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui kegiatan laboratorium berbasis inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs NURUSSIBYAN Ngaliyan Kota semarang. Hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh melalui observasi, hasil kognitif diperoleh melalui test yang diperoleh dari analisis data hasil belajar. Adapunketerampilan prosesnya diperoleh melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan uji gain yang ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan proses siswa kelas VII MTs NURUSSIBYAN Ngaliyan Semarang setelah penerapan model pembelajaran kegiatan laboratorium berbasis inkuiri. Besar peningkatan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik berturut-turut 0,32; 0,3 dan 0,26

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Keterampilan Proses
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:45
Last Modified: 27 Aug 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14338

Actions (login required)

View Item View Item