Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam menggunakan Model Pembelajaran Kuantum Teknik TANDUR dengan Pemanfaatan Kecerdasan Huruf atau Kecerdasan Angka pada Siswa Kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub


Khairunnisa, 2101408014 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam menggunakan Model Pembelajaran Kuantum Teknik TANDUR dengan Pemanfaatan Kecerdasan Huruf atau Kecerdasan Angka pada Siswa Kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam  menggunakan Model Pembelajaran Kuantum Teknik TANDUR dengan Pemanfaatan Kecerdasan Huruf atau Kecerdasan Angka pada Siswa Kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam menggunakan Model Pembelajaran Kuantum Teknik TANDUR dengan Pemanfaatan Kecerdasan Huruf atau Kecerdasan Angka pada Siswa Kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub kelas VIIB belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih konvensional sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penggunaan model dan teknik pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi terutama puisi keindahan alam siswa kelas VIIB SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub dapat menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana proses berlangsungnya pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka; 2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka; 3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses berlangsungnya pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka; 2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka; 3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VII, sedangkan sumber datanya yaitu kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi keindahan alam dan penggunaan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, da dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 65,26 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,97 atau dalam kategori baik. Pada siklus I dan siklus II meningkat 13,71 atau sebesar 21%. Peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam ini juga diikuti dengan proses pembelajaran yang kondusif dan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, yaitu: 1) intensifnya proses internalisasi penumbuhan minat siswa menulis puisi berjalan dengan baik, 2) kondusifnya proses diskusi saat siswa menentukan unsur-unsur dalam puisi, 3) intensifnya proses siswa memilih unsur puisi, menulis puisi, menamai bagian puisi, 4) kondusifnya kondisi saat siswa memaparkan hasil puisi, dan 5) terbangunnya suasana yang sangat reflektif ketika kegiatan refleksi. Perilaku siswa juga meningkat yaitu siswa yang kurang termotivasi menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus II dan tampak antusias, aktif, berani dan percaya diri, serta jujur dalam memberikan penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VII B SMP NU 01 Hasyim Asyari Tarub mengalami peningkatan dan perubahan perilaku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyampaikan saran kepada guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran kuantum teknik TANDUR dengan pemanfaatan kecerdasan huruf atau kecerdasan angka.Bagi siswa, hendaknya lebih memperhatikan penjelasan yang diberikan guru, serius dalam belajar, dan selalu bertanya ketika menemui kesulitan dalam pembelajaran.Bagi praktisi di bidang pendidikan, peneliti berharap adanya penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis puisi keindahan alam dengan model, pendekatan, metode, teknik, dan media berdasarkan pendekatan tertentu yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi keindahan alam

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, puisi keindahan alam, model pembelajaran kuantum, teknik TANDUR, kecerdasan huruf atau kecerdasan angka.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:45
Last Modified: 27 Aug 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

View Item View Item