Penerapan Pengajaran dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP N 1 Bantarbolang


Korina Kartika, 4201406511 (2011) Penerapan Pengajaran dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP N 1 Bantarbolang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pengajaran dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP N 1 Bantarbolang] Microsoft Word (Penerapan Pengajaran dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP N 1 Bantarbolang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pembelajaran fisika yang sering dirasa sulit oleh siswa menyebabkan rendahnya rerata hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengalaman belajar . Berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa, diperlukan upaya pengembangan pendekatan pembelajaran yaitu dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat mengembangkan pola berpikir logis sehingga meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 1 Bantarbolang Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ialah pembelajaran yang mengkaitkan kehidupan nyata dengan materi yang diterangkan, sehingga kemampuan berpikir logis siswa bisa terasah dan diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bantarbolang. Dengan menggunakan teknik Simple random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan kelas VIIF sebagai kelompok kontrol yang mendapat perlakuan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis uji t data hasil belajar dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh harga thitung sebesar 6,49 dan harga ttabel sebesar 1,99. Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Gain peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen diperoleh sebesar 51%, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 34%. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat mengembangkan pola berpikir logis sehingga meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 1 Bantarbolang. Oleh karena itu disarankan pada guru fisika dan peneliti lain agar dapat menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching And Learning sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:43
Last Modified: 27 Aug 2012 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item