Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Mengungkapkan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Biografi dengan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Close Reading pada kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang


Weny Lupita Santi, , 2101408008 (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Mengungkapkan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Biografi dengan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Close Reading pada kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Mengungkapkan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Biografi dengan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Close Reading pada kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif untuk Mengungkapkan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Biografi dengan Metode Think-Pair-Share dan Teknik Close Reading pada kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pembelajaran keterampilan membaca intensif biografi pada siswa kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang belum terlaksana dengan baik. Hal ini dikarenakan kecepatan membaca siswa tidak memenuhi standar minimal tingkat kecepatan membaca pada siswa SMP/MTs dan tingkat pemahaman siswa yang belum dapat maksimal dalam memahami isi bacaan. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang, keterampilan membaca intensif biografi siswa VII A belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan guru. Rendahnya keterampilan siswa ini dapat diketahui dari belum tercapainya indikator dalam membaca intensif biografi yang meliputi tiga indikator. Ketidaktercapaian indikator tersebut, disebabkan oleh faktor yang berasal dari siswa dan guru. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif biografi pada siswa kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang, digunakan metode think-pair-share dan teknik close reading dalam pembelajaran membaca intensif biografi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran membaca intensif biografi, (2) peningkatan keterampilan membaca intensif biografi, dan (3) perubahan perilaku siswa kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif untuk mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari biografi dengan metode think-pair-share dan teknik close reading. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran membaca intensif biografi, (2) peningkatan keterampilan membaca intensif biografi, dan (3) perubahan perilaku siswa kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif untuk mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari biografi dengan metode think-pair-share dan teknik close reading. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca intensif biografi siswa kelas VII A. Sumber data kelas VII A yang terdiri atas 30 siswa, yaitu 16 siswa putra dan 14 siswa putri. Alat pengambilan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Proses pembelajaran membaca intensif untuk mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari biografi dengan metode think-pair-share dan teknik close reading pada siswa kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang dilakukan dengan beberapa aktivitas, yaitu guru membagikan biografi kepada masing-masing siswa, (1) siswa secara mandiri diminta untuk membaca bacaan tersebut dengan menerapkan teknik close reading, (2) siswa secara mandiri mencari jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru: menyarikan riwayat hidup tokoh biografi, menyimpulkan keistimewaan tokoh biografi, dan mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dai biografi (thinking), (3) siswa bekerja secara berpasangan untuk berdiskusi menyatukan pendapat dan menentukan jawaban yang paling tepat atas pertanyaan yang diberikan guru (pairing), (4) perwakilan pasangan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas (sharing), dan (5) pasangan yang lain aktif menanggapi dan menambahkan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca intensif biografi pada siswa kelas VII A setelah mengikuti pembelajaran dengan metode think-pair-share dan teknik close reading. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VII A MTs Al-Mubaarok Rembang yang meliputi tes prasiklus, tes siklus I, dan tes siklus II. Pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,07 dan dalam kategori kurang sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa mencapai rata-rata sebesar 67,83 dan dalam kategori cukup. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 16,80%, yaitu dari 58,07 pada prasiklus menjadi 67,83 pada siklus I. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 81 dan termasuk dalam kategori baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 19,41%, yaitu dari 67,83 pada siklus I menjadi 81 di siklus II. Hasil tes siklus II tersebut menunjukkan bahwa dari 28 siswa dinyatakan tuntas dan dua siswa belum tuntas karena belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Dari pembelajaran tersebut dapat dikatakan sudah berhasil, dapat dilihat dari 98%. Akan tetapi, ada dua siswa yang belum mencapai KKM dan diberi tindakan khusus berupa pelatihan serta pemberian remidi sehingga siswa tersebut dapat mencapai KKM yang ditentukan dan keterampilan membaca intensif biografi tokoh meningkat. Hal tersebut juga dapat dilihat melalui perubahan perilaku, yaitu menunjukkan empat karakter. Keempat karakter tersebut ialah keaktifan, keseriusan, kedisiplinan dan tanggung jawab, serta kekritisan yang berubah ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran membaca intensif biografi dengan metode think-pair-share dan teknik close reading telah berjalan dengan baik, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dari 67,83 menjadi 81, dan berubahnya perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hal tersebut diharapkan dapat dijadikan guru sebagai bahan rujukan dan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca intensif bigrafi tokoh, bagi siswa disarankan untuk berlatih secara terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif bigrafi tokoh, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan membaca intensif biografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca intensif biografi, metode think-pair-share, teknik close reading.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:42
Last Modified: 27 Aug 2012 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14335

Actions (login required)

View Item View Item