Pengembangan Panduan Membuat Majalah Sekolah untuk Siswa SMP


Riyadloh Fifana, , 2101407188 (2012) Pengembangan Panduan Membuat Majalah Sekolah untuk Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Panduan Membuat Majalah Sekolah untuk Siswa SMP] Microsoft Word (Pengembangan Panduan Membuat Majalah Sekolah untuk Siswa SMP) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Majalah sekolah merupakan salah satu bentuk media yang membantu siswa meningkatkan keterampilan berbahasanya, terutama baca-tulis. Namun, jika diperhatikan, saat ini tidak banyak sekolah menengah pertama yang menerbitkan majalah sekolah. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain minat baca-tulis siswa yang kurang, kurang tersosialisasinya manfaat majalah sekolah, sedikitnya reward dari guru terhadap karya siswa, dan sedikitnya sumber pustaka atau panduan membuat majalah sekolah yang menggunakan bahasa sesuai perkembangan bahasa siswa SMP. Berdasarkan berbagai faktor tersebut, dibutuhkan panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP yang mendorong berbagai elemen sekolah untuk menerbitkan majalah sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang disusun dalam penelitian ini adalah 1) apa kebutuhan pengembangan panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP berdasarkan pendapat siswa dan guru, 2) bagaimanakah kaidah pembuatan majalah sekolah tingkat SMP, dan 3) bagaimanakah penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP dan ahli terhadap prototipe buku panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP. Tujuan penelitian ini antara lain 1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP berdasarkan pendapat siswa dan guru, 2) mendeskripsikan kaidah pembuatan majalah sekolah tingkat SMP, dan 3) mendeskripsikan penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia tingkat SMP dan ahli terhadap prototipe panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan pengembangan panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP dan angket penilaian terhadap prototipe panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP. Teknik analisis data menggunakan analisis vektor. Data tersebut dikelompokkan menjadi dua, yaitu data analisis kebutuhan prototipe panduan dan analisis penilaian guru dan ahli terhadap prototipe panduan. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan terhadap pengembangan panduan antara lain isinya lengkap, tampilannya menarik, nyaman dibaca dan dibawa, serta menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi guru serta siswa untuk membuat majalah sekolah. Selain itu, buku tersebut juga dapat membahas kendala dalam penerbitan majalah sekolah dan solusinya. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, diperoleh nilai sebagai berikut. (1) dimensi sampul buku, perolehan nilai rata-rata 78,4 dengan kategori baik, (2) dimensi judul buku, perolehan nilai rata-rata 82,7 dengan kategori baik, (3) dimensi fisik buku, perolehan nilai rata-rata 86,7 dengan kategori baik, (4) dimensi anatomi buku, perolehan nilai rata-rata 79,5 dengan kategori baik, (5) dimensi isi buku, perolehan nilai rata-rata 78,8 dengan kategori baik, (6) dimensi penyajian, perolehan nilai rata-rata 78,4 dengan kategori baik, (7) dimensi ilustrasi, perolehan nilai rata-rata 78,8 dengan kategori baik, dan (8) dimensi soal dan latihan, perolehan nilai rata-rata 80,9 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap buku panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP antara lain: (1) warna background sampul buku lebih dipercerah, (2) perbaikan penggunaan ejaan, (3) pemberian warna pada kalimat yang mengandung petunjuk, (4) desain dibuat lebih komunikatif dan kreatif, dan (5) estetika pada tata letak tidak mengurangi fungsi komunikatif. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan dalam penelitiaan ini, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut. Pertama, para pemerhati pendidikan hendaknya memanfaatkan panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP sebagai salah satu sumber pustaka bagi siswa untuk belajar membuat majalah sekolah. Kedua, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP. Ketiga, pemaparan mengenai materi tata letak majalah sekolah dalam panduan membuat majalah sekolah untuk siswa SMP sangat terbatas sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan panduan baru dalam topik kajian tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: panduan, majalah sekolah, siswa SMP
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:38
Last Modified: 27 Aug 2012 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item