Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menguasai Teknologi Komputer dan Internet pada Proses Pembelajaran. (Studi Deskriptif Guru Taman Kanak-kanak se Kabupaten Brebes)


Ali Mukmin , 1601908039 (2011) Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menguasai Teknologi Komputer dan Internet pada Proses Pembelajaran. (Studi Deskriptif Guru Taman Kanak-kanak se Kabupaten Brebes). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menguasai Teknologi Komputer dan Internet pada Proses Pembelajaran. (Studi Deskriptif Guru Taman Kanak-kanak se Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menguasai Teknologi Komputer dan Internet pada Proses Pembelajaran. (Studi Deskriptif Guru Taman Kanak-kanak se Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kualitas pendidikan akan terwujud jika proses belajar mengajar di kelas berlangsung dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya komponen yang mendukung, kinerja guru yang profesional, bermartabat, sejahtera, dan terlindungi mewujudkan pendidikan bermutu. Oleh karena itu permasalahan yang diangkat adalah : 1. Bagaimana Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menggunakan Teknologi Komputer pada Pembelajaran 2. Bagaimana Kemampuan Guru Taman Kanak-kanak dalam Menggunakan Teknologi Internet pada Pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan pada guru TK di Kabupaten Brebes dengan pengambilan sampel 20 orang guru. Penelitian ini adalah studi deskripsi kemampuan guru TK dengan pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan di Kabupaten Brebes sangat beragam (heterogen), dan kualitas guru sesuai dengan standarisasi kualifikasi guru profesional. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa guru Taman Kanak-kanak rata-rata mempunyai kemampuan yang baik, namun masih banyak juga guru yang belum menguasai teknologi komputer dan internet dikarenakan keterbatasan sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan secara umum perlu adanya peningkatan mutu pendidikan guru Taman Kanak-kanak untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi komputer dan internet pada proses pembelajaran. Karena masih banyak guru Taman Kanak-kanak di Kabupaten Brebes yang belum menguasai teknologi komputer dan internet karena pengaruh tingkat pendidikan guru dan masih terbatas ataupun tidak tersedianya sarana dan prasaran teknologi komputer dan internet. Meneladani semangat juang dan pengabdian guru sebagai pendidik di Kabupaten Brebes, dalam peningkatan sumber daya manusia yang bermutu dan mampu bersaing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Guru TK, Teknologi Komputer dan Internet.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:24
Last Modified: 27 Aug 2012 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14327

Actions (login required)

View Item View Item