Efektivitas Pembelajaran Plantae Menggunakan Herbarium Buatan Siswa di SMA 2 Salatiga


Nurul Anisa, 4401407051 (2011) Efektivitas Pembelajaran Plantae Menggunakan Herbarium Buatan Siswa di SMA 2 Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Plantae Menggunakan Herbarium Buatan Siswa di SMA 2 Salatiga] Microsoft Word (Efektivitas Pembelajaran Plantae Menggunakan Herbarium Buatan Siswa di SMA 2 Salatiga) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Pembelajaran Biologi di SMA 2 Salatiga terutama pada materi plantae belum efektif. Materi plantae merupakan materi yang cakupannya luas dengan alokasi jam pelajaran terbatas. Hasil observasi di SMA 2 Salatiga pada bulan April 2010, pembelajaran plantae lebih banyak dilakukan di dalam kelas dan berlangsung secara verbal. Proses pembelajaran seperti itu dianggap kurang menarik siswa, dan hasil belajar siswa selama 3 tahun terakhir tergolong rendah. Hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi guru untuk kreatif dalam mengelola jam pelajaran yang singkat dengan materi yang luas. Halaman sekolah yang luas dan tanaman yang beraneka ragam merupakan sumber belajar yang perlu dimanfaatkan dalam pembelajaran. Siswa dapat mengamati dan belajar secara langsung terhadap objek belajar sehingga memperoleh pembelajaran yang bermakna. Diperlukan suatu konsep pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dengan pembelajaran yang langsung berhubungan dengan objek belajar serta menghasilkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati efektivitas pembelajaran plantae menggunakan herbarium buatan siswa di SMA 2 Salatiga. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X semester genap SMA 2 Salatiga tahun ajaran 2010/2011 dengan desain One Shoot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA 2 Salatiga tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri atas 9 kelas yaitu kelas X1, X2, X3, X4, X5, X6, X7, X8, dan X9. Sampel yang digunakan adalah kelas X5, X6, dan X7 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data yang diperoleh berupa aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, data tanggapan siswa dan data tanggapan guru terhadap pembelajaran menggunakan herbarium buatan siswa. Hasil penelitian penggunaan herbarium buatan siswa pada pembelajaran plantae menunjukkan bahwa 79,25% siswa aktif dalam pembelajaran dan 97,22% siswa tuntas KKM dengan nilai rata-rata 78,65. Baik siswa maupun guru memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap pembelajaran plantae menggunakan herbarium buatan siswa. Guru juga tertarik untuk menggunakan herbarium buatan siswa pada pembelajaran plantae berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan herbarium buatan siswa efektif diterapkan pada pembelajaran plantae di SMA 2 Salatiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Efektif, Plante, Herbarium
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:13
Last Modified: 27 Aug 2012 01:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14322

Actions (login required)

View Item View Item