Pengaruh Tipe kepemimpinan kepala TK Terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan Evaluasi pembelajaran di kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes


Nurkhayatun, 1601908036 (2011) Pengaruh Tipe kepemimpinan kepala TK Terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan Evaluasi pembelajaran di kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Tipe kepemimpinan kepala TK Terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan Evaluasi pembelajaran di kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Pengaruh Tipe kepemimpinan kepala TK Terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan Evaluasi pembelajaran di kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kinerja guru mencerminkan performa guru dalam menghasilkan output tugasnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Tipe kepemimpinan kepala TK merupakan faktor diantara faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi Kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendesnkripsikan pengaruh Tipe Kepemimpinan kepala TK terhadap Kinerja guru. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru TK yang ada di kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dengan jumlah guru 58, untuk ujicoba sejumlah 13 orang, dan ukuran sampel ditentukan dengan tabel Krejie sebanyak 40 orang dari sample sisa 45 orang. Sedangkan Kepala TK berjumlah 24 dengan jumlah uji coba 5 kepala TK, serta sample 18 Kepala TK dari sisa sample 19 Kepala TK. Tehnik pengumpulan data dengan angket. Analisis penelitian dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan ganda dengan SPSS 17. Hasil penelitian sebagai berikut; secara berurutan dengan mengambil prosentase nilai tertinggi mengenai bagaimanakah tipe kepemimpinan kepala TK di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dengan tipe Otoriter memperoleh nilai otoriter sebesar 38%, tipe kepemimpinan Kendali Bebas memperoleh niai sebesar 28%, tipe kepemimpinan Demokratis memperoleh niai sebesar 39% dan tipe kepemimpinan Pseudo Demokratis memperoleh sebesar 33%. Selanjutnya bagaimana kinerja guru TK di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dikategorikan baik dengan prosentase sebesar 62%. Sedangkan pengaruh masing-masing variable independent (Tipe Kepemimpinan) terhadap variable dependent (Kinerja) secara berurutan dari yang paling besar sampai yang paling kecil adalah tipe kepemimpinan Kendali bebas sebesar 16.5%, tipe kepemimpinan Demokratis sebesar 15.8%, tipe Kepemimpinan Otoriter sebesar 14.7% serta tipe kepemimpinan Pseudo Demokratis sebesar 11.2% Jika pengaruh positif tipe kepemimpinan kepala TK dalam melaksanakan tugasnya semakin baik maka kinerja guru meningkat. berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala dan guru TK untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tipe Kepemimpinan, Kinerja Guru, Evaluasi Pembelajaran
Subjects: L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:21
Last Modified: 27 Aug 2012 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14321

Actions (login required)

View Item View Item