Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Sistem Saraf pada Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA N 1 Batangan Pati


Muhammad Aryanto, 4401407033 (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Sistem Saraf pada Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA N 1 Batangan Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Sistem Saraf pada Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA N 1 Batangan Pati] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Materi Sistem Saraf pada Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa SMA N 1 Batangan Pati) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) secara teoritik mendorong proses belajar lebih menyenangkan, siswa berpikir kontekstual terhadap masalah nyata, melatih siswa dalam bekerja secara kelompok, dan menghasilkan produk bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) pada materi sistem saraf terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa di kelas XI IPA 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 116 siswa terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3. Sampel yang digunakan dalam penelitian diambil dengan teknik convenience sampling yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yaitu melaksanakan pembelajaran berbasis proyek sedangkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yaitu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan cara guru mengajar seperti biasanya yaitu dengan metode ceramah dan diskusi. Berdasarkan hasil analisis MANOVA secara simultan diperoleh nilai F=4,986 dan nilai P<0,005, sehingga dapat diketahui PBL pada materi sistem saraf berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa. Analisis secara individu pada hasil belajar diperoleh nilai F=11,403 dan nilai P<0,05 sedangkan pada kreativitas diperoleh nilai F=0,182 dan P>0,005, sehingga dapat diketahui bahwa PBL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar tetapi tidak berpengaruh terhadap kreativitas. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu Project Based Learning pada materi sistem saraf berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa dengan pengaruh sebesar 22,2% yang diperoleh dengan nilai Partial Eta Squared sebesar 0,222.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), Hasil Belajar, Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:10
Last Modified: 27 Aug 2012 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14320

Actions (login required)

View Item View Item