Strategi Pembelajaran Sistem Imun Berbantuan Bumper Stickers di SMA Negeri 1 Sulang – Rembang


Rindang Mahandani, 4401407032 (2011) Strategi Pembelajaran Sistem Imun Berbantuan Bumper Stickers di SMA Negeri 1 Sulang – Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Strategi Pembelajaran Sistem Imun Berbantuan Bumper Stickers di SMA Negeri 1 Sulang – Rembang] Microsoft Word (Strategi Pembelajaran Sistem Imun Berbantuan Bumper Stickers di SMA Negeri 1 Sulang – Rembang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Materi sistem imun merupakan materi baru dalam pembelajaran biologi karena materi sistem imun baru dimasukkan pada kurikulum 2006. Materi sistem imun berisi proses-proses mekanisme imunitas yang bersifat abstrak dan tidak dapat diamati siswa secara langsung. Untuk dapat memudahkan siswa dalam memahami materi sistem imun diperlukan suatu strategi pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah Bumper Stickers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran sistem imun berbantuan Bumper Stickers dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMA Negeri 1 Sulang – Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sulang – Rembang tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini terdiri atas 3 tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa diambil dari tugas, stiker, LDS, dan pos-test; aktivitas siswa dan kinerja guru menggunakan lembar observasi; serta tanggapan siswa dan guru menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai post-test dan pre-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 23,41 dan 12,69. Berdasarkan hasil uji t pada delta post-test dan pre-test kedua kelas diperoleh thitung (5,475) > ttabel (2,00). Hal ini berarti ada perbedaan post-test dan pre-test yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen 90,63% dan kelas kontrol 68,75%. Tingkat aktivitas siswa dengan kriteria tinggi dan sangat tinggi di kelas eksperimen 87,5% dan kelas kontrol 68,75%. Siswa memberikan tanggapan kategori baik pada penerapan strategi pembelajaran berbantuan Bumper Stickers sebanyak 78,13%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran sistem imun berbantuan Bumper Stickers dapat mengoptimalkan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMA Negeri 1 Sulang – Rembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bumper Stickers, sistem imun, hasil belajar, aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:08
Last Modified: 27 Aug 2012 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item