Model Pembelajaran Cooperative GI (Group Investigation) dibantu LKS Word Square pada Materi Invertebrata di SMA N 1 Lasem


Galih Kahesti Wijayanti, 4401407031 (2011) Model Pembelajaran Cooperative GI (Group Investigation) dibantu LKS Word Square pada Materi Invertebrata di SMA N 1 Lasem. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model Pembelajaran Cooperative GI (Group Investigation) dibantu LKS Word Square pada Materi Invertebrata di SMA N 1 Lasem] Microsoft Word (Model Pembelajaran Cooperative GI (Group Investigation) dibantu LKS Word Square pada Materi Invertebrata di SMA N 1 Lasem) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Pembelajaran mata pelajaran Biologi kelas X SMA N 1 Lasem masih dengan ceramah, siswanya kurang aktif, serta LKS yang digunakan kurang menarik siswa. Hal ini berakibat terhadap terbentuknya sifat individual pada diri siswa. Pembelajaran biologi merupakan pembelajaran yang kontekstual dimana contoh, gejala, fenomenanya bisa dipelajari di alam dan peneliti memilih sub konsep Mollusca, Echinodermata, dan Arthropoda karena daerah Lasem merupakan daerah pantai sehingga siswa-siswanya sudah terbiasa melihat dan mengetahui karakteristik hewan-hewan yang ada di pantai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran cooperative GI (Group Investigation) dibantu LKS word square pada materi invertebrata efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Lasem. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X semester genap SMA N 1 Lasem tahun ajaran 2010/2011 dengan desain One Shoot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah lima kelas yaitu kelas X1, X2, X3, X4,dan X5. Sampel yang digunakan adalah kelas X1dan X2 yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Data yang diperoleh berupa aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil belajar siswa, data tanggapan siswa, data tanggapan guru terhadap pembelajaran cooperative GI dibantu LKS word square, dan kinerja guru. Pada penelitian ini diperoleh data keaktifan siswa yang termasuk dalam kriteria keaktifan sangat aktif dan aktif pada kelas X1 sebesar 20% dan 60%, kelas X2 sebesar 29% dan 69%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas X1 79,9, X2 79,42 dengan nilai tertinggi 86,33. Sebesar 94,28% siswa mencapai KKM sebesar ≥70. Siswa memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap pembelajaran. Tanggapan guru juga baik terhadap desain pembelajaran yang telah diterapkan. Pembelajaran cooperative GI dan LKS word square efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa karena 94,28% siswa mencapai KKM ≥70, dan 95,2% siswa mencapai kriteria sangat aktif atau aktif lebih dari 75%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Group Investigation, LKS Word Square, Materi Invertebrata.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:05
Last Modified: 27 Aug 2012 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14316

Actions (login required)

View Item View Item