Pembelajaran Konsep Sistem Pernapasan Manusia melalui Penugasan Proyek untuk Mengoptimalkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA N 2 Sragen.


Anggitalina Pramilia Dewi, 4401407022 (2011) Pembelajaran Konsep Sistem Pernapasan Manusia melalui Penugasan Proyek untuk Mengoptimalkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA N 2 Sragen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Konsep Sistem Pernapasan Manusia melalui Penugasan Proyek untuk Mengoptimalkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA N 2 Sragen] Microsoft Word (Pembelajaran Konsep Sistem Pernapasan Manusia melalui Penugasan Proyek untuk Mengoptimalkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA N 2 Sragen) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Permasalahan biologi yang terjadi di lingkungan sekitar jarang diangkat dalam kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran biologi di SMA N 2 Sragen masih berpusat pada guru sehingga aktivitas siswa rendah. Selain itu, pembelajaran hanya dilakukan di dalam kelas saja dan sebagian besar menekankan kompetensi kognitif. Salah satu upaya untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar dibutuhkan pembelajaran dengan penugasan proyek yang memiliki keunggulan yaitu bersifat kontekstual, memaksimalkan keterlibatan siswa, serta mengoptimalkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 kelas yaitu XI IPA4 dan XI IPA5 yang diambil dengan teknik sample random sampling. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen Design dengan desain penelitian One Shot Case Study. Jenis data yang berasal dari siswa adalah aktivitas siswa diambil menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, hasil belajar siswa diambil dari nilai tes tertulis, penilaian proposal kegiatan proyek, penilaian laporan kegiatan proyek, penilaian LDS, penilaian kegiatan proyek, penilaian afektif, penilaian poster. Data tentang tanggapan siswa diambil dengan angket dan data tentang tanggapan guru menggunakan lembar pedoman wawancara. Analisis data populasi menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Analisis data hasil belajar diambil dari rata-rata nilai setiap aspek hasil belajar kemudian menghitung persentase ketuntasan siswa secara klasikal. Analisis data aktivitas siswa, tanggapan siswa dan guru serta kinerja guru menggunakan analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian penerapan pembelajaran menggunakan penugasan proyek pada konsep sistem pernapasan manusia pada siswa SMA N 2 Sragen diperoleh persentase siswa yang terlibat sangat aktif dan aktif mencapai 97,7% pada kelas XI IPA4 dan 98,9% pada kelas XI IPA5. Rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas XI IPA4 sebesar 86,63 dan kelas XI IPA5 sebesar 86,82. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥75 pada masing-masing aspek hasil belajar sebanyak 92,75%. Kinerja guru dalam pembelajaran termasuk kriteria sangat tinggi dengan presentase 95,6% pada kelas XI IPA4 dan 96,2% pada kelas XI IPA5, sedangkan tanggapan positif siswa terhadap penugasan proyek sebesar 91,76 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penugasan proyek, sistem pernapasan manusia, aktivitas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:02
Last Modified: 27 Aug 2012 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item