Pengembangan Diktat Biology Experimental Guide untuk Kelas XI Semester 2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional


Siti Amaranthi Andam, 4401407016 (2011) Pengembangan Diktat Biology Experimental Guide untuk Kelas XI Semester 2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Diktat Biology Experimental Guide untuk Kelas XI Semester 2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional] Microsoft Word (Pengembangan Diktat Biology Experimental Guide untuk Kelas XI Semester 2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Biologi dengan praktikum di SMA RSBI perlu ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk bahan ajar yang digunakan sebagai petunjuk praktikum. Bahan ajar bagi RSBI hendaknya menggunakan bahasa Indonesia dan/atau bahasa Internasional, salah satunya adalah bahasa Inggris (Kemendiknas 2009). Berdasarkan observasi yang dilakukan di sekolah diperoleh informasi bahwa buku petunjuk praktikum mata pelajaran Biologi untuk SMA RSBI masih terbatas. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dikembangkan diktat Biology Experimental Guide yang berisi uraian topik-topik praktikum pilihan dengan pengantar bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kesatrian 1 Semarang dan SMA N 1 Ungaran pada tahun ajaran 2010/2011. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dimodifikasi. Data yang diambil berupa penilaian kelayakan diktat dengan menggunakan instrumen penilaian bahan ajar BSNP 2007, hasil belajar siswa, aktivitas siswa, tanggapan guru, dan tanggapan siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian kelayakan diktat oleh ahli mencapai 92,43 % dan penilaian kelayakan diktat oleh guru mencapai 91,66%, sehingga Biology Experimental Guide dapat dikatakan telah sesuai dengan instrumen penilaian bahan ajar BSNP 2007. Pada uji coba produk dalam skala kecil di kelas XI IPA 2 SMA Kesatrian 1 Semarang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 77 % dan aktivitas siswa mencapai 100 %, serta tanggapan siswa mencapai 72,24 %. Pada uji coba produk dalam skala besar di SMAN 1 Ungaran menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas XI IPA 1 mencapai ketuntasan klasikal 97 % dan 100 % serta di kelas XI IPA 2 mencapai ketuntasan 90 % dan 100 %, aktivitas siswa pada kedua kelas mencapai 100 %, serta tanggapan siswa mencapai 73,38 %. Hasil tanggapan guru terhadap penggunaan diktat Biology Experimental Guide dalam pembelajaran adalah sebesar 93,88 %. Berdasarkan hal di atas, dapat disimpulkan bahwa diktat Biology Experimental Guide yang dikembangkan dalam penelitian ini telah sesuai dengan standar bahan ajar BSNP 2007 dan dapat digunakan oleh siswa kelas XI RSBI untuk mencapai kompetensi yang sesuai dengan kurikulum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, diktat Biology Experimental Guide, RSBI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:59
Last Modified: 27 Aug 2012 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item