Pengembangan Pembelajaran Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan Berbasis Web Dengan Visualisasi Dan Simulasi


Ika Mundiyakin, 4401407008 (2011) Pengembangan Pembelajaran Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan Berbasis Web Dengan Visualisasi Dan Simulasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Pembelajaran Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan Berbasis Web Dengan Visualisasi Dan Simulasi] Microsoft Word (Pengembangan Pembelajaran Sistem Dalam Kehidupan Tumbuhan Berbasis Web Dengan Visualisasi Dan Simulasi) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Materi sistem dalam kehidupan tumbuhan merupakan materi biologi yang hanya disampaikan secara verbal, siswa akan sulit untuk memahaminya. Materi ini akan lebih menarik dan menyenangkan dengan memberikan visualisasi dan simulasi melalui media web. Proses pembelajaran biologi khususnya materi sistem dalam kehidupan tumbuhan di MTs Negeri Winong Pati sudah cukup bagus, hanya saja bisa lebih dioptimalkan, dengan cara pemanfaatan laboratorium komputer yang terkoneksikan dengan internet digunakan untuk pembelajaran materi sistem dalam kehidupan tumbuhan berbasis web yang akan menarik minat siswa untuk sekolah di MTs Negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran sistem dalam kehidupan tumbuhan berbasis web dengan visualisasi dan simulasi layak digunakan di MTs Negeri. Penelitian ini dikatakan layak jika hasil penilaian kelayakan dari pakar media dan materi 70% dan hasil belajar klasikal ≥ 75% di atas nilai KKM. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) yang akan menghasilkan web pembelajaran pada materi sistem dalam kehidupan tumbuhan di MTs Negeri. Langkah-langkah penelitian pengembangan media pembelajaran web sebagai berikut: mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain web, validasi desain, uji coba skala terbatas terdiri dari 15 siswa di MTs N 1 Kudus, revisi produk, uji coba skala besar pada 40 siswa (kelas eksperimen) dan 40 siswa (kelas kontrol) di MTs N 1 Winong, dan produk jadi yang menghasilkan web dengan visualisasi dan simulasi sebagai media pembelajaran. Hasil analisis penilaian kelayakan pakar materi adalah 85% dan hasil penilaian oleh pakar media 75,76%. Pada uji coba skala terbatas hasil belajar siswa mencapai 100%. Pada uji coba pemakaian kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Terbukti dengan pencapaian hasil belajar kelas eksperimen nilai tertinggi 94,5, nilai terendah 80,6 dan ketuntasan klasikal mencapai 100% dan pada kelas kontrol nilai tertinggi 89,2, nilai terendah 63 dan ketuntasan belajar klasikal hanya 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran biologi berbasis web dengan visualisasi dan simulasi layak digunakan pada materi sistem dalam kehidupan tumbuhan di MTs Negeri

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: materi sistem dalam kehidupan tumbuhan, web dengan simulasi dan visualisasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:57
Last Modified: 27 Aug 2012 00:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item