Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar PLN di UPJ Semarang Selatan


Hotlan Aruan, , 1550407065 (2011) Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar PLN di UPJ Semarang Selatan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar PLN di UPJ Semarang Selatan] Microsoft Word (Kepuasan Pelanggan Listrik Prabayar PLN di UPJ Semarang Selatan) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

PT PLN (Persero) UPJ Semarang Selatan bertugas menangani pasokan listrik di wilayah Semarang Selatan. Data yang diperoleh dari Kantor PLN UPJ Semarang Selatan menunjukkan bahwa dari bulan November 2010 hingga Januari 2011 pelanggan listrik pascabayar berjumlah 56.296 sementara listrik prabayar hanya 773 pelanggan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui tingkat kepuasan pelanggan listrik prabayar PLN khususnya yang berada di UPJ Semarang Selatan. Terdapat lima aspek yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam mendorong terciptanya kepuasan pelanggan, yaitu: kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan biaya (Lupiyoadi 2001: 158). Subjek penelitian berjumlah 60 pelanggan dan proses penentuan subjek yang akan menjadi sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Kepuasan Pelanggan diukur dengan menggunakan skala Kepuasan Pelanggan yang mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,867. Skala Kepuasan Pelanggan mempunyai 64 item valid dari item awal sejumlah 78 item. Uji validitas, reliabilitas serta normalitas alat ukur yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepuasan pelanggan pada subjek penelitian tergolong cukup puas terhadap listrik prabayar yang mereka gunakan. Data hasil penelitian kemudian di analisis secara deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% pelanggan menyatakan dirinya cukup puas, 1,7% pelanggan kurang puas, dan sisanya 38,3% tergolong kriteria puas dengan keberadaan listrik prabayar. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa biaya pemakaian listrik yang murah, praktis, dan pemasangan perangkat listrik prabayar yang gratis menjadikan para pelanggan listrik PLN tertarik untuk beralih ke listrik prabayar tetapi pelanggan PLN masih banyak yang belum mengetahui tentang keunggulan listrik prabayar tersebut. Sosialisasi mengenai keunggulan dan keuntungan yang diperoleh pelanggan dari listrik prabayar PLN merupakan hal yang penting agar seluruh masyarakat tahu dan mengerti, dengan demikian diharapkan masyarakat mulai tertarik dan berminat untuk beralih dari listrik pascabayar menjadi listrik prabayar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan pelanggan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:55
Last Modified: 27 Aug 2012 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14309

Actions (login required)

View Item View Item