Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan Somatic Auditory Visualization Intelectually pada Pembelajaran Sistem Gerak di SMA N I Kajen Pekalongan
Ika Mustikasari, 4401407003 (2012) Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan Somatic Auditory Visualization Intelectually pada Pembelajaran Sistem Gerak di SMA N I Kajen Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Efektivitas Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan Somatic Auditory Visualization Intelectually pada Pembelajaran Sistem Gerak di SMA N I Kajen Pekalongan)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Pemanfaatan multimedia dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat akan membantu guru dalam mengoptimalkan penyampaian materi pembelajaran. Hal ini disebabkan karena dengan multimedia, selain dapat melakukan komunikasi verbal, pada saat yang tepat guru akan mampu menyajikan teks, gambar, grafik, video, suara dan animasi, seperti pemanfaatan macromedia flash sebagai media pembelajaran, sehingga siswa akan memperoleh pengetahuan sekaligus pengalaman konkrit. Pendekatan pembelajaran yang tepat seperti dengan pendekatan SAVI (somatic auditory visualization intelectually) juga akan membantu siswa agar memperoleh hasil belajar yang optimal. Pembelajaran dengan pendekatan SAVI mengajak siswa belajar dengan menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan pengunaan semua indra dapat berpengaruh besar terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemanfaatan macromedia flash dengan pendekatan SAVI pada materi sistem gerak di SMA N I Kajen pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental dengan desain One Shot Case Study. Sampelnya adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012. Variabel bebas meliputi pemanfaatan macromedia flash dengan pendekatan SAVI, variabel terikat yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan serta variabel kendali adalah guru, sarana dan prasarana pembelajaran. Sebagai data pendukung adalah tanggapan siswa dan tanggapan guru. Data tentang aktivitas, hasil belajar dan tanggapan siswa dianalisis menggunakan analisa deskriptif kuantitatif, sedangkan data tentang tanggapan guru dianalisis menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian pada kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 menunjukkan bahwa ≥ 75% siswa sangat aktif yaitu sebesar 85,94%. Secara klasikal tingkat ketuntasan siswa dalam kriteria sangat baik sebesar 89,06% serta ≥ 75% tanggapan siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 selama proses pembelajaran termasuk kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Macromedia Flash dengan Pendekatan SAVI efektif diterapkan pada materi Sistem Gerak di SMA Negeri 1 Kajen Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan macromedia flash dengan pendekatan SAVI, sistem gerak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 00:54 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 00:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14308 |
Actions (login required)
View Item |