Efektivitas Pemanfaatan Kunci Determinasi dan Fotonovela dengan Investigasi Kelompok pada Pembelajaran Klasifikasi Mahluk Hidup di SMP 1 Karang Pucung


Desprian Nurizka Pratiwi, 4401406597 (2011) Efektivitas Pemanfaatan Kunci Determinasi dan Fotonovela dengan Investigasi Kelompok pada Pembelajaran Klasifikasi Mahluk Hidup di SMP 1 Karang Pucung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Pemanfaatan Kunci Determinasi dan Fotonovela dengan Investigasi Kelompok pada Pembelajaran Klasifikasi Mahluk Hidup di SMP 1 Karang Pucung] Microsoft Word (Efektivitas Pemanfaatan Kunci Determinasi dan Fotonovela dengan Investigasi Kelompok pada Pembelajaran Klasifikasi Mahluk Hidup di SMP 1 Karang Pucung) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Dari hasil observasi melalui wawancara dengan guru biologi dan siswa di SMP 1 Karang Pucung Januari 2010 diketahui aktivitas siswa rendah. Rata-rata hasil belajar siswa rendah (≤ 65), hanya 50% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥ 75. Metode pembelajaran yang digunakan guru khususnya pada pembelajaran biologi tidak bervariasi. Guru menjadi sumber dan pemberi informasi utama dalam proses pembelajaran. Permasalahan tersebut diatasi dengan suatu pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam proses belajar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran menggunakan kunci determinasi dan fotonovela dengan investigasi kelompok. Pemanfaatan kunci determinasi dan fotonovela dengan investigasi kelompok pada pembelajaran materi klasifikasi mahluk hidup diharapkan materi lebih mudah dipahami oleh siswa dan aktivitas serta hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan kunci determinasi dan fotonovela dengan investigasi kelompok pada pembelajaran klasifikasi mahluk hidup di SMP 1 Karang Pucung. Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan desain one shot case study. Variabel bebas penelitian ini adalah pemanfaaatan kunci determinasi dan fotonovela dengan investigasi kelompok pada pembelajaran materi klasifikasi mahluk hidup, sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,42% siswa aktif dalam pembelajaran, serta 95,3% siswa telah melampaui KKM SMP 1 Karang Pucung ( ≥ 75% siswa aktif dalam pembelajaran dan ≥ 80% siswa memperoleh nilai ≥ 75). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi klasifikasi mahluk hidup menggunakan kunci determinasi dan fotonovela dengan investigasi kelompok efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP 1 Karang Pucung tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Determinasi, Fotonovela, Investigasi Kelompok, Klasifikasi Mahluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:51
Last Modified: 27 Aug 2012 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14306

Actions (login required)

View Item View Item