Kualitas pembelajaran materi lingkungan menggunakan metode quantum teaching dengan pendekatan SETS di SMA N Kerjo


Bayu Wijanarko, 4401406545 (2011) Kualitas pembelajaran materi lingkungan menggunakan metode quantum teaching dengan pendekatan SETS di SMA N Kerjo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kualitas pembelajaran materi lingkungan menggunakan metode quantum teaching dengan pendekatan SETS di SMA N Kerjo] Microsoft Word (Kualitas pembelajaran materi lingkungan menggunakan metode quantum teaching dengan pendekatan SETS di SMA N Kerjo) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Dalam cakupan materi pembelajaran biologi pengembangan active experimentation yang dibutuhkan siswa adalah pembelajaran dua arah antara siswa dengan guru untuk mencapai hasil belajar yang baik, diantara metode pembelajaran yang mempunyai karater tersebut adalah metode quantum teaching. Pembelajaran yang menerapkan metode quantum teaching pada materi lingkungan diharapkan akan lebih menyenangkan dan lebih menarik dengan pendekatan SETS. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran materi lingkungan menggunakan metode quantum teaching dengan pendekatan SETS di kelas X SMA N Kerjo Penelitian dilakukan pada kelas X SMA N Kerjo Kabupaten Karanganyar, pada kelas X.4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa dengan metode quantum teaching berpendekatan SETS, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Rancangan penelitian menggunakan group comparation control posttest design. Data yang terkumpul berdistribusi normal maka di gunakan uji t untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelas. Berdasarkan analisis di ketahui aktivitas siswa kelas eksperimen 93,75% dan kelas kontrol 87,10%, sedangkan klasikal ketuntasan belajar kelas eksperimen adalah (93.75%) dan kelas Kontrol (90.32%). Pada uji normalitas data akhir, kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama,. Hasil dari uji t diperoleh thitung (4,858) > ttabel (2,659). Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti hipotesis diterima Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode quantum teaching dengan pendekatan SETS dapat memberikan kualitas dan hasil belajar yang baik pada materi lingkungan di SMA N Kerjo. Untuk saran yang diajukan adalah pembelajaran quantum teaching dengan pendekatan SETS dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat menghasilkan kualitas aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, SETS, Kualitas belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:48
Last Modified: 27 Aug 2012 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14304

Actions (login required)

View Item View Item