Kualitas Pembelajaran Pada Sub Materi Makanan dan Kesehatan Melalui Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) di SMP Negeri 1 Secang


Siti Cholifah, 4401406509 (2011) Kualitas Pembelajaran Pada Sub Materi Makanan dan Kesehatan Melalui Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) di SMP Negeri 1 Secang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kualitas Pembelajaran Pada Sub Materi Makanan dan Kesehatan Melalui Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) di SMP Negeri 1 Secang] Microsoft Word (Kualitas Pembelajaran Pada Sub Materi Makanan dan Kesehatan Melalui Penerapan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) di SMP Negeri 1 Secang) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Pasifnya kelas dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan klasikal mata pelajaran IPA pada kelas VIIIA semester sebelumnya belum mencapai 75% dari jumlah siswa. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan model pembelajaran ARIAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran Sub Materi Makanan dan Kesehatan pada siswa kelas VIIIA SMP N 1 Secang melalui model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII A semester gasal tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Terdiri dari 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus ke siklus, yaitu siklus I rata-rata hasil belajarnya 76,81 dengan ketuntasan klasikal 78%, siklus II rata-rata hasil belajarnya 80,97% dengan ketuntasan klasikal 97%, siklus III rata-rata hasil belajarnya 81,39 dengan ketuntasan klasikal 97%. Demikian juga dengan keaktifan siswa juga meningkat dari 50% menjadi 65,63% kemudian menjadi 93,75% yang artinya mencapai kategori sangat aktif. Dengan melihat hasil diperoleh dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Secang Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model ARIAS, Makanan dan Kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:41
Last Modified: 27 Aug 2012 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item View Item