Pengaruh Penerapan Metode Proyek Sains terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi di SMA


Eka Nur Apiyah, 4401406504 (2012) Pengaruh Penerapan Metode Proyek Sains terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi di SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Metode Proyek Sains terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi di SMA] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Metode Proyek Sains terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi di SMA) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Metode proyek sains merupakan metode pembelajaran yang mengembangkan aspek produk, proses, dan sikap sains. Keunggulan dari metode proyek sains adalah mampu mengembangkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa melalui tugas proyek yang dibuat dalam kelompok. Akan tetapi pembelajaran dan keterampilan proses tersebut tidak akan optimal jika guru terlalu ikut campur dalam penyusunan kerja proyek. Kecenderungan guru untuk menekankan produk dan mahalnya bahan-bahan untuk pembuatan produk juga dapat menghambat pembelajaran metode proyek. Oleh karena itu penerapan metode proyek sains hendaknya memberikan kebebasan kepada siswa untuk merancang tugas proyek secara mandiri dan menggunakan bahan-bahan yang murah dalam pembuatan produknya. Hal tersebut agar pembelajaran metode proyek sesuai dengan harapan yaitu dapat mengembangkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah tugas proyek terhadap skor keterampilan proses, pengaruh skor keterampilan proses terhadap skor hasil belajar, membandingkan rerata peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kontrol, mengetahui kemampuan metode proyek untuk mencapai ketuntasan klasikal. Penelitian eksperimen dengan desain Control group pretest-posttest ini dilakukan di kelas XI IPA 2 dan 4 SMA Negeri 1 Brebes tahun ajaran 2011/2012, sampel diambil secara cluster random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data pre-test, skor keterampilan proses, skor penilaian tugas proyek, skor penilaian produk, skor post-test siswa, dan skor skala likert respon siswa terhadap pembelajaran metode proyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jumlah tugas proyek yang dikerjakan siswa berpengaruh signifikan terhadap skor keterampilan proses, (2) skor keterampilan proses berpengaruh signifikan terhadap skor hasil belajar, (3) rerata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, (4) penerapan metode proyek sains mampu mencapai ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Proyek Sains, Keterampilan Proses, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:39
Last Modified: 27 Aug 2012 00:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14298

Actions (login required)

View Item View Item