Analisis Soal Ulangan Semester Gasal Mata Pelajaran Biologi Kelas X di Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen


Masruroh, 4401405054 (2012) Analisis Soal Ulangan Semester Gasal Mata Pelajaran Biologi Kelas X di Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Soal Ulangan Semester Gasal Mata Pelajaran Biologi Kelas X  di Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen] Microsoft Word (Analisis Soal Ulangan Semester Gasal Mata Pelajaran Biologi Kelas X di Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Selama ini soal UAS Biologi di Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen belum pernah dianalisis sehingga kualitas soal belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal ulangan semester gasal mata pelajaran biologi yang dikerjakan siswa kelas X di kecamatan Petanahan kabupaten Kebumen pada tahun ajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan terhadap 2 set soal yang ditemukan di kecamatan Petanahan. Unit penelitian diambil dari 3 sekolah: SMA 1 Petanahan, MA Darussa’adah, dan MA Grogolpenatus. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi. Analisis kualitatif dilakukan dengan menelaah soal berdasarkan panduan penelaahan butir soal, secara kuantitatif menggunakan program ITEMAN versi 3.0. Hasil akhir untuk soal-soal yang sudah termasuk kategori dapat digunakan tanpa revisi dibuatkan kartu soalnya. Soal-soal yang masih memerlukan revisi, diusulkan perbaikannya. Hasil analisis secara kualitatif menunjukkan bahwa soal sudah baik tetapi masih memerlukan revisi. Berdasarkan penelaahan soal secara kualitatif, terdapat 39 soal dapat digunakan, 8 soal direvisi dan 3 soal dibuang. Untuk soal MA, 35 soal dapat digunakan dan 5 soal masih perlu direvisi. Dari segi kuantitatif, sebesar 80% soal SMA valid, dengan tingkat kesukaran sedang dan daya beda cukup serta distraktor yang berfungsi sebesar 56%. Untuk soal MA, 40% soal valid, dengan kategori sukar, dan daya beda berimbang antara soal yang cukup, jelek dan baik masing-masing 27,5% distraktor yang berfungsi sebesar 32,5%. Reliabilitas soal SMA sebesar 0,665 (tinggi) dan 0,292 (rendah) untuk soal MA. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa soal valid logis karena sesuai dengan soal standar tetapi perlu perbaikan aspek konstruksi pada beberapa soal. Soal memiliki tingkat kesukaran sedang, daya beda baik, efektifitas distraktor sebagian berfungsi serta reliabel dengan kategori tinggi untuk soal SMA dan rendah untuk soal MA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis soal, program ITEMAN versi 3.0
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 00:36
Last Modified: 27 Aug 2012 00:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item