“Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menentukan Luas Bangun Gabungan dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Pedagangan, Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal


Djunaidi Mudji Iswanto, 4102904112 (2005) “Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menentukan Luas Bangun Gabungan dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Pedagangan, Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menentukan Luas Bangun Gabungan dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Pedagangan, Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (“Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menentukan Luas Bangun Gabungan dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Pedagangan, Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (125kB) | Preview

Abstract

Pemilihan judul ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman bahwa kemampuan siswa kelas IV SD I Pedagangan dalam belajar matematika khususnya materi bilangan dan lambangnya masih rendah, sehingga hasil yang dicapai juga relatif rendah. Berdasarkan hal tersebut, selanjutnya muncul permasalahan bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan agar memperoleh hasil yang lebih baik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara umum adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang aktif di kelas yang ditandai adanya interaksi guru dan siswa serta berfungsinya alat peraga yang digunakan, sehingga dapat meningkatkan hasil atau prestasi siswa dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta analisis dan refleksi. Tindakan penelitian dalam setiap siklus dilakukan dengan cara pemberian pembelajaran dengan bantuan alat peraga/model dari bangunan persegi, dimana masing-masing siswa dapat membuat sendiri dan memanipulasi sendiri sehingga siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan diakhiri dengan pemberian tes akhir siklus. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan penelitian tindakan adalah : 1) keaktifan siswa menjadi lebih meningkat jika dibandingkan dengan sebelumnya. 2) prosentase ketuntasan belajar pada siklus I hanya mencapai 66,7% sehingga perlu tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan pengamatan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu mencapai 86,7%. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat peraga dalam setiap pembelajaran akan meningkatkan hasil yang dicapai. Oleh karena itu disarankan agar guru selalu menggunakan alat peraga pada setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2011 06:14
Last Modified: 25 Apr 2015 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item