Pemodelan Sistem Antrian Bank (Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kendal)


Meita Irmawanti, 4150407028 (2011) Pemodelan Sistem Antrian Bank (Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kendal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemodelan Sistem Antrian Bank (Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kendal)] Microsoft Word (Pemodelan Sistem Antrian Bank (Studi Kasus di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kendal)) - Published Version
Download (74kB)

Abstract

Sesuai dengan perkembangan zaman saat ini kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia dalam kehidupannya sehari-hari juga ikut bertambah. Dalam memenuhi kebutuhannya tersebut, sering terlihat adanya fenomena mengantri yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan pelayanan. Teori antrian adalah teori yang menyangkut studi matematis dari antrian-antrian atau baris-baris penungguan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui model antrian yang terjadi di BRI Kantor Cabang Kendal dan simulasinya menggunakan program Microsoft Excel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model antrian yang terjadi di BRI Kantor Cabang Kendal dan simulasinya menggunakan program Microsoft Excel. Metode penelitian yang digunakan meliputi beberapa tahap, yaitu studi pustaka, pengumpulan data, variabel penelitian, analisis data, dan penarikan simpulan. Pengumpulan data dilaksanakan selama 5 hari diambil secara acak dengan metode observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa langkah, yaitu menentukan distribusi probabilitas dari data dengan uji kebaikan suai Chi Square, menentukan model antrian, serta membuat simulasi dengan program Microsoft Excel berdasarkan model antrian yang terjadi. Sistem antrian yang terjadi di BRI Kantor Cabang Kendal pada hari Senin mengikuti model Ini berarti bahwa sistem antrian memiliki laju kedatangan dan laju pelayanan yang berdistribusi general (umum). Sedangkan pada hari Selasa s.d Jum’at mengikuti model Ini berarti bahwa sistem antrian memiliki laju kedatangan yang berdistribusi Poisson dan laju pelayanan yang berdistribusi Eksponensial. Nasabah dilayani oleh empat teller dengan peraturan nasabah yang pertama datang dilayani terlebih dahulu serta kapasitas sistem dan sumber yang tak terbatas. Berdasarkan hasil simulasi peluang teller banyak menganggur terjadi pada hari Selasa, sedangkan antrian yang padat terjadi pada hari Senin dan Jum’at. Saran yang dapat diberikan kepada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kendal adalah tetap mempertahankan sistem antrian yang sudah ada, karena antrian yang terjadi masih dalam batas yang wajar, dan untuk simulasi sistem antrian yang telah dibuat dengan program Microsoft Excel dapat digunakan untuk mengetahui kinerja sistem antrian pada bank lain yang memiliki model sistem antrian yang sama seperti di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teori Antrian, Model Antrian , Model Antrian , Simulasi dengan Program Microsoft Excel
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 02:23
Last Modified: 26 Aug 2012 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item View Item