Penyelesaian Travelling Salesman Problem Tipe Simetris pada Penerbit Erlangga Semarang


Tenisiyani, 4150407026 (2011) Penyelesaian Travelling Salesman Problem Tipe Simetris pada Penerbit Erlangga Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penyelesaian Travelling Salesman Problem Tipe Simetris pada Penerbit Erlangga Semarang] Microsoft Word (Penyelesaian Travelling Salesman Problem Tipe Simetris pada Penerbit Erlangga Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Travelling Salesman Problem (TSP) adalah problem mencari rute (tour) optimal bagi seorang salesman yang berkeliling mengunjungi sebanyak n kota yang direncanakannya, dengan ketentuan setiap kota hanya dikunjungi satu kali dan sang salesman harus kembali ke kota semula. Pada skripsi ini akan diteliti salah satu kasus TSP pada masalah pendistribusian buku pada Penerbit Erlangga Semarang dengan daerah tujan 13 Perguruan Tinggi dan 11 SMA. Pada penelitian ini, digunakan algoritma Heuristik yang dikerjakan secara manual dan dengan program Delphi. Permasalahan pada skripsi ini adalah bagaimana algoritma heuristik diterapkan dalam simulasi Travelling Salesman Problem pada Penerbit Erlangga Semarang, secara manual maupun dengan program Delphidan berapa besarnya biaya minimal perjalanan yang diperoleh dari penyelesaian Travelling Salesman Problem pada Penerbit Erlangga Semarang dengan algoritma Heuristik secara manual maupun dengan program Delphi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara dokumentasi data-data dari arsip Penerbit Erlangga Semarang. Data yang diambil merupakan data yang berhubungan dengan pendistribusian buku dengan tujuan SMA dan Perguruan Tinggi yang berupa data jarak, daerah-daerah penyebaran buku dan peta pendistribusian buku.Kemudian melakukan analisis data dengan memisalkan titik sebagai daerah tujuan distribusi, sisi sebagai jalan yang menghubungkan antar daerah distribusi, dan bobot sebagai jarak antar daerah distribusi. Lalu menerapkan algoritma Heuristik secara manual dan dengan program Delphi untuk mengetahui solusi penyelesaianTravelling Salesman Problem pada Penerbit Erlangga Semarang yang kemudian dengan mengasumsikan biaya perjalanan sebesar Rp. 1000,- untuk setiap km-nya maka dapat diketahui besarnya biaya perjalanan salesman tersebut. Dari hasil analisis dengan algoritma Heuristik secara manual dan algoritma Heuristik dengan program Delphi diperoleh hasil yang sama yaitu rute teroptimal untuk pendistribusian buku dengan daerah tujuan 13 Perguruan Tinggiadalah sepanjang 40,626 km dengan biaya perjalanan sebesar Rp. 40.700,- dan rute teroptimal untuk pendistribusian buku dengan daerah tujuan SMA adalah sepanjang 73,275 km dengan biaya perjalanan sebesar Rp.73.300,- . Dari hasil analisis diharapkan kepada Penerbit Erlangga Semarang dapat menggunakan metode perhitungan rute teroptimal menggunakan algoritma Heuristik, agar dapat menekan biaya distribusi buku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Travelling Salesman Problem Tipe Simetris, algoritma Heuristik, program Delphi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 02:20
Last Modified: 26 Aug 2012 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14286

Actions (login required)

View Item View Item