Bola sebagai Perputaran Setengah Lingkaran dengan Pendekatan Geometri.


Lutfin Naim, 4150407014 (2011) Bola sebagai Perputaran Setengah Lingkaran dengan Pendekatan Geometri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bola sebagai Perputaran Setengah Lingkaran dengan Pendekatan Geometri.] Microsoft Word (Bola sebagai Perputaran Setengah Lingkaran dengan Pendekatan Geometri.) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Bola merupakan salah satu benda ruang yang dapat dibentuk dari perputaran setengah lingkaran (benda datar) yang diputar mengelilingi garis g, dimana garis g terletak satu bidang dengan setengah lingkaran. Sebuah benda ruang memiliki luas permukaan dan volume. Bola sebagai salah satu benda ruang juga memiliki luas permukaan dan volume. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana menyatakan rumus luas dan volume bola dan bagian–bagiannya dengan pendekatan bola sebagai benda putaran, yang dikaji secara geometri. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui langkah–langkah menemukan rumus volume bola dan bagian–bagiannya dengan pendekatan bola sebagai benda putaran yang dikaji secara geometri. Metode yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah studi pustaka. Hasil dari studi pustaka ini digunakan untuk mengumpulkan referensi yang diperlukan dalam menyusun skripsi. Pangkajian bola sebagai perputaran setengah lingkaran yang dikaji secara geometri memberikan hasil yang sama dengan pengkajian dengan ilmu kalkulus. Hasil diperoleh yaitu: (1) Luas bola = dan volume bola = , (2) Luas bidang lengkung juring bola = dan volume juring bola = , (3) Luas bidang lengkung tembereng bola = dan volume tembereng bola = , dan (4) Luas bidang lengkung keratan bola = dan volume keratan bola = . Dari Pembahasan, terlihat bahwa pengkajian luas dan volume bola dengan pendekatan Geometri lebih mudah dibandingkan dengan pengkajian dengan kalkulus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: benda putaran, luas, volume, bola
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 02:11
Last Modified: 26 Aug 2012 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item