Pembuatan Elektroda Solar Cell Fleksibel Berbasis Komposit TiO2/SiO2 Sebagai Sumber Energi Alternatif Terbarukan


Ade Yulia Kusuma Dewi, 4350408026 (2012) Pembuatan Elektroda Solar Cell Fleksibel Berbasis Komposit TiO2/SiO2 Sebagai Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembuatan Elektroda Solar Cell Fleksibel Berbasis Komposit TiO2/SiO2 Sebagai Sumber Energi Alternatif Terbarukan] Microsoft Word (Pembuatan Elektroda Solar Cell Fleksibel Berbasis Komposit TiO2/SiO2 Sebagai Sumber Energi Alternatif Terbarukan) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan elektroda solar cell fleksibel berbasis komposit TiO2/SiO2 sebagai sumber energi alternatif terbarukan. Kenaikkan populasi penduduk, pertumbuhan ekonomi dan kecepatan perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan ketersediaan energi untuk mencukupi kebutuhan energi diseluruh dunia. Penggunaan sumber energi alternatif sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan energi di dunia yang semakin meningkat. Energi surya dianggap sebagai sumber energi terbarukan yang potensial untuk mengatasi krisis energi di dunia. Energi surya dapat dikonversi menjadi energi listrik oleh suatu alat yang dikenal sebagai sel surya. Salah satu komponen penyusun sel surya adalah elektroda yang bersifat semikonduktor. Material TiO2 merupakan bahan yang reaktif terhadap cahaya dan dapat dikompositkan dengan material SiO2 yang memiliki band gap lebar untuk meningkatkan luas permukaan semikonduktor. Tujuan penelitian ini adalah mensintesis semikonduktor TiO2/SiO2 dan mempelajari pengaruh konsentrasi SiO2 terhadap kinerja solar cell. Semikonduktor TiO2/SiO2 disintesis dengan metode sol-gel menggunakan perkursor TiIPP dan TEOS. Penyusunan solar cell menggunakan sistem sandwich dengan elektroda kerja (TiO2/SiO2), elektroda counter (karbon), pewarna ekstrak kulit manggis dan larutan elektrolit (I-/I3-). Karakterisasi material hasil sintesis meliputi: karakterisasi band gap semikonduktor TiO2/SiO2 menggunakan DR-UV, karakterisasi bentuk kristal dan ukuran kristal menggunakan XRD dan morfologi permukaan dan komposisi unsur komposit TiO2/SiO2 menggunakan SEM-EDX. Konsentrasi SiO2 yang digunakan sebagai material komposit dalam penelitian ini yaitu masing-masing berturut-turut 0, 10, 15 dan 20 %mol. Perhitungan nilai efisiensi solar cell menggunakan metode kurva arus dan tegangan. Efisiensi sel surya yang dihasilkan dengan menggunakan konsentrasi SiO2 sebesar 0, 10, 15 dan 20 %mol masing-masing berturut-turut 0,0607%; 1,1471%; 2,2234% dan 0,0286%. Hasil uji kinerja menunjukkan nilai efisiensi terbaik diberikan oleh solar cell komposit TiO2/SiO2 dengan konsentrasi SiO2 15 %mol yang memiliki struktur kristal tetragonal dalam ukuran nanopartikel dan morfologi permukaan yang belum homogen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TiO2/SiO2, sol-gel, solar cell
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 02:03
Last Modified: 26 Aug 2012 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item