Studi Deaktivasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam pada Reaksi Hidrodenitrogenasi (HDN) Piridin


Fitri Rahmawati, 4350407064 (2011) Studi Deaktivasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam pada Reaksi Hidrodenitrogenasi (HDN) Piridin. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Deaktivasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam pada Reaksi Hidrodenitrogenasi (HDN) Piridin] Microsoft Word (Studi Deaktivasi Katalis Ni-Mo/Zeolit Alam pada Reaksi Hidrodenitrogenasi (HDN) Piridin) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang studi deaktivasi katalis Ni-Mo/zeolit alam pada reaksi hidrodenitrogenasi (HDN) piridin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari fenomena deaktivasi katalis Ni-Mo/ZA pada reaksi HDN piridin dengan membandingkan karakter katalis Ni-Mo/ZA sebelum dan setelah digunakan. Karakterisasi katalis meliputi penentuan luas permukaan, volume pori, dan rerata jejari pori dengan alat Gas Sorption Analyzer NOVA-1000, dan penentuan keasaman dengan adsorpsi gas amoniak, serta morfologi katalis setelah digunakan. Uji aktivitas katalis dilakukan pada proses HDN piridin dengan mengalirkan gas H2 dengan laju alir 50 mL/menit pada temperatur reaktor 350oC dilanjutkan dengan mengalirkan uap piridin pada 3,5 gram katalis Ni-Mo/zeolit alam. Produk yang dihasilkan dianalisis menggunakan Gas Chromatography (GC) dan Gas Chromatography-Mass Spectroscopy (GC-MS). Produk yang terdeteksi dengan GC-MS meliputi etanal, propanon, n-heksana, dan metil siklopentana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan katalis selama lima kali running menyebabkan penurunan aktivitas katalis sebagai akibat dari turunnya luas permukaan spesifik, volume total pori, dan keasaman katalis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ni-Mo/ZA;, deaktivasi; hidrodenitrogenasi; piridin
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 01:59
Last Modified: 26 Aug 2012 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14279

Actions (login required)

View Item View Item