Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Variasi Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Dalam Mata Kuliah Mekanika Tanah


Muchammad Fuad Edy Susanto, 5101406027 (2011) Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Variasi Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Dalam Mata Kuliah Mekanika Tanah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Variasi Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan  Fakultas  Teknik  Universitas  Negeri  Semarang  Dalam  Mata  Kuliah Mekanika Tanah] Microsoft Word (Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Variasi Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang Dalam Mata Kuliah Mekanika Tanah) - Published Version
Download (49kB)

Abstract

Persepsi adalah proses yang menyangkut masuknya pesan atau informasi kedalam otak manusia. Melalui persepsi, manusia terus menerus mengadakan hubungan dengan lingkungannya yang dilakukan lewat indera penglihat, pendengar, peraba, perasa, dan pencium. Variasi mengajar dosen adalah keterampilan dosen mengadakan variasi suatu kegiatan dalam konteks proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan peserta didik sehingga dalam situasi belajar mengajar peserta didik senantiasa menunjukan ketekunan, antusiasme serta penuh partisipasi. seorang dosen dituntut untuk dapat menggunakan variasi dalam mengajar. Variasi mengajar tersebut meliputi variasi gaya mengajar, variasi penggunaan media dan bahan pengajaran, dan variasi interaksi antara dosen dengan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang variasi mengajar dosen terhadap prestasi belajar mahasiswa PTB Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa PTB Universitas Negeri Semarang angkatan 2009 yang keseluruhan berjumlah 110 mahasiswa, dari jumlah tersebut yang dijadikan sampel adalah 60 mahasiswa dengan prosedur pengambilan total sampling, yaitu apabila subjek penelitian lebih dari 100 maka dapat diambil sebanyak 50 % dari populasi. (Arikunto, 2002:108). Hasil penelitian persepsi mahasiswa tentang variasi mengajar dosen dalam kategori tinggi sebesar 56,67%, Jika dilihat dari setiap aspeknya, rata-rata tertinggi pada aspek variasi dalam interaksi. Dosen cenderung menitik beratkan pada kualitas metode yang digunakan dalam interaksi antara dosen dengan mahasiswa. Rata-rata persepsi mahasiswa tentang penggunaan metode interaksi ini mencapai 70,00% dan lebih tinggi dari aspek gaya mengajar sebesar 63,33% serta aspek penggunaan media dan bahan pengajaran sebesar 56,67%, tingkat prestasi mahasiswa pada mata kuliah mekanika tanah dalam kategori baik. Variasi mengajar dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan fakultas teknik UNNES, dan memberikan kontribusi sebesar 56,93%. Dalam item-item angket penelitian nilainya disesuaikan tingkat persepsi mahasiswa terhadap dosen pengampu sehingga hasil signifikannya akan lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa, variasi mengajar dosen, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 00:42
Last Modified: 26 Aug 2012 00:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14260

Actions (login required)

View Item View Item