Pembelajaran dengan Lembar Kerja Siswa dan Media Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Membuat Gambar Potongan


Sudiyono, 5201407051 (2011) Pembelajaran dengan Lembar Kerja Siswa dan Media Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Membuat Gambar Potongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran dengan Lembar Kerja Siswa dan Media Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Membuat Gambar Potongan] Microsoft Word (Pembelajaran dengan Lembar Kerja Siswa dan Media Model untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Membuat Gambar Potongan) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Penyampaian materi gambar potongan saat ini masih menggunakan metode ceramah, dimana dosen menjelaskan materi dengan cara ceramah dan hanya menggunakan media papan tulis, sehingga hanya dosen yang aktif menyampaikan materi sementara mahasiswa hanya mendengarkan saja. Dosen juga akan mengalami kesukaran untuk mengawasi aktivitas mahasiswa, karena terkonsentrasi pada materi yang disampaikan di papan tulis. Selain itu waktu pembelajaran juga akan menjadi lebih lama. Untuk itu diperlukan metode dan media yang lain untuk menciptakan interaksi antara dosen dan mahasiswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) seberapa besarkah hasil belajar kompetensi membuat gambar potongan dengan menggunakan pembelajaran ceramah, (2) seberapa besarkah hasil belajar kompetensi membuat gambar potongan dengan menggunakan pembelajaran ceramah yang dilengkapi LKS dan media model, dan (3) apakah ada peningkatan hasil belajar kompetensi membuat gambar potongan setelah menggunakan pembelajaran ceramah yang dilengkapi LKS dan media model dibandingkan dengan pembelajaran ceramah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang angkatan 2010 peserta mata kuliah Gambar Mesin yang terdiri dari 4 kelas/rombel dengan jumlah 101 mahasiswa. Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling, kemudian diperoleh rombel 2 sebagai kelompok kontrol dan rombel 3 sebagai kelompok eksperimen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, rata-rata hasil belajar kompetensi membuat gambar potongan pada kelompok kontrol yang semula 57,41 meningkat menjadi 64,81 atau terjadi peningkatan sebesar 7,4 (12,89%), sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 58,15 meningkat menjadi 77,78, sehingga terjadi peningkatan sebesar 19,63 (33,76%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa pada kompetensi membuat gambar potongan setelah menggunakan pembelajaran ceramah yang dilengkapi LKS dan media model adalah 20,87% lebih tinggi bila dibandingkan dengan pembelajaran ceramah. Hasil analisis uji-t nilai post-test juga menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran ceramah yang dilengkapi dengan LKS dan media model dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi membuat gambar potongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja siswa, media model, hasil belajar, gambar potongan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 12:18
Last Modified: 25 Aug 2012 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14237

Actions (login required)

View Item View Item