Penerapan Modul Pembelajaran EPS (Electric Power Steering) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kemudi Pada Pembelajaran Casis dan Pemindah Daya Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang


Rifqi Triawan, 5201407015 (2011) Penerapan Modul Pembelajaran EPS (Electric Power Steering) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kemudi Pada Pembelajaran Casis dan Pemindah Daya Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Modul Pembelajaran EPS (Electric Power Steering) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kemudi Pada Pembelajaran Casis dan Pemindah Daya Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Penerapan Modul Pembelajaran EPS (Electric Power Steering) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Sistem Kemudi Pada Pembelajaran Casis dan Pemindah Daya Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan penerapan modul pembelajaran EPS (electric power steering) sebagai media pembelajaran terhadap kompetensi sistem kemudi pada pembelajaran Casis dan Pemindah Daya mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Metode yang dipakai adalah Dalam penelitian ini peneliti menggunakan rancangan desain prates-pascates kelompok control tanpa acak. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang tahun ajaran 2010/2011 semester 4, rombel 1 yang terdiri dari 32 mahasiswa. Penentuan kelompok perlakuan dilakukan secara random selection. Peneliti mengambil satu rombel dari dua rombel yang ada untuk dijadikan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitiaan diperoleh, bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan t-test dua pihak menghasilkan t hitung ≥ t tabel yaitu 3,92. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara deskriptif presentase yaitu membandingkan selisih antara nilai awal rata-rata hasil belajar dengan nilai akhir rata-rata hasil belajar pada tiap kelompok. Selisih nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 1,10., jadi peningkatan kelompok kontrol sebesar 20,87%, sedangkan selisih nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 1,94., jadi peningkatan kelompok eksperimen sebesar 35,4 % . Hasil belajar Mahasiswa pada kompetensi sistem kemudi mengalami peningkatan yang dengan media modul pembelajaran EPS (electric power steering) dengan hasil uji-t yang diperoleh adalah thitung sebesar 3,92 dan nilai ttabel sebesar 2,04. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesis “Penerapan modul pembelajaran EPS (electric power steering) dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sistem kemudi pada pembelajaran Casis dan Pemindah Daya pada Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang” diterima. Saran yang dikemukakan adalah, penggunaan media modul pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman Mahasiswa, maka sebaiknya untuk mata kuliah yang sifatnya aplikatif digunakan media modul pembelajaran untuk membantu Mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerapan, hasil belajar, modul pembelajaran EPS, EPS (electric power steering)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 12:15
Last Modified: 25 Aug 2012 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item View Item