Peningkatan hasil belajar kompetensi sistem penerangan mobil dengan menerapkan media pembelajaran jobsheet pada panel peraga Siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang


Muhammad Fitron Noktaviyanda, 5201407006 (2011) Peningkatan hasil belajar kompetensi sistem penerangan mobil dengan menerapkan media pembelajaran jobsheet pada panel peraga Siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan hasil belajar kompetensi sistem penerangan mobil dengan menerapkan media pembelajaran  jobsheet pada panel peraga Siswa kelas XI  Teknik Kendaraan Ringan SMK  Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Peningkatan hasil belajar kompetensi sistem penerangan mobil dengan menerapkan media pembelajaran jobsheet pada panel peraga Siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem penerangan mobil antara kelompok peserta didik yang dikenai pembelajaran ceramah yang dilengkapi dengan alat bantu media pembelajaran Jobsheet dibandingkan dengan kelompok yang dikenai pembelajaran ceramah biasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Teknik kendaraan ringan SMK Nusantara 1 Comal tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri atas XI TKR 1,XI TKR 2,dan XI TKR 3 sedangkan sampel dalam penelitian ini pada kelompok kontrol sebanyak satu kelas, yaitu kelas XI TKR 2, dan pada kelompok eksperimen sebanyak satu kelas,yaitu kelas XI TKR 1,data dianalisis menggunakan Analisis deskriptif dan metode analisis t-tes Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem penerangan antara kelompok peserta didik yang dikenai pembelajaran ceramah yang dilengkapi dengan alat bantu Media Pembelajaran Jobsheet sebesar 21,13% dan untuk kelompok yang dikenai pembelajaran ceramah biasa mengalami peningkatan sebesar 23,85% dari kemampuan awal. Pembelajaran materi sistem penerangan pada peserta didik kelas XI SMK Nusantara 1 Comal dengan menggunakan proses pembelajaran ceramah dengan Media Pembelajaran Jobsheet lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan ceramah biasa. Untuk itu bagi para pendidik agar menggunakan proses pembelajaran ceramah disertai dengan media pembelajaran sebagai alternatif untuk mengajarkan materi sistem penerangan, sebab dari hasil penelitian menunjukkan pembelajaran ceramah yang dilengkapi dengan media pembelajaran Jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian lanjut yang dapat dilakukan yaitu peningkatan hasil belajar disarankan dengan penggunaan alat bantu pembelajaran yang lain guna memperoleh hasil belajar yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran, Jobsheet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 12:11
Last Modified: 25 Aug 2012 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14235

Actions (login required)

View Item View Item