Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Produk Benda Kerja Pada Mata Kuliah CAD Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin Unnes


Ari Dwi Nur Indriawan Musyono, 5201407003 (2011) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Produk Benda Kerja Pada Mata Kuliah CAD Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Produk Benda Kerja Pada Mata Kuliah CAD Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin Unnes] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Produk Benda Kerja Pada Mata Kuliah CAD Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin Unnes) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya penguasaan materi CAD tiga dimensi di program studi Pendidikan Teknik Mesin Unnes yang belum merata yang dilihat dari hasil belajar pada tahun pelajaran 2009/2010, hal ini harus dirubah karena menguasai kemampuan menggambar tiga dimensi menggunakan software CAD merupakan salah satu materi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin, karena merupakan salah satu materi yang mendukung dalam pembuatan desain suatu benda. Penyampaian materi CAD tiga dimensi biasanya hanya menggunakan pembelajaran classical, dan dari hal ini peneliti berupaya menambahkan strategi pembelajaran yang di dalamnya terdapat pembelajaran menggunakan benda nyata yang harus digambar oleh mahasiswa, yang nantinya mengajarkan mahasiswa untuk bisa menerapkan konsep reproductive view of learning menjadi constructive view of learning. Strategi ini umumnya dilakukan disebuah industri untuk melaksanakan training awal terhadap pekerjanya. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pretest-posttest design dan menggunakan tes sebagai alat pengumpul data. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Unnes yang mengikuti mata kuliah CAD tahun pelajaran 2010/2011, terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 25 mahasiswa dan semua populasi dijadikan sampel, sehingga menjadi penelitian populasi. Hasil analisis untuk hipotesis yang dilakukan didapatkan data thitung sebesar 17,364., kemudian data tersebut dikonsultasikan pada tabel t dengan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2-2) = (25+25-2) = 48. Hasil analisis uji-t dengan α = 1% dan dk = 48 diperoleh t (0.99)(48) = 6,682. Berdasarkan kriteria, Ha diterima apabila thitung lebih besar dibandingkan ttabel yang dikarenakan nilai thitung > ttabel atau 17,364 > 6,682, dan bisa di simpulkan bahwa thitung berada di daerah penerimaan Ha atau berada di daerah penolakan H0. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik suatu saran bahwa sebelum menggunakan strategi pembelajaran ini, diharapkan kepada pengajar memastikan terlebih dahulu kemampuan peserta didiknya dalam menggunakan dan membaca alat ukur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis produk benda kerja, CAD tiga dimensi, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 12:09
Last Modified: 25 Aug 2012 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item