Keefektifan Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash pada Materi Kompresor dalam Mata Kuliah Pompa dan Kompresor
Sigit Widigdo Prayogo, 5201406535 (2011) Keefektifan Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash pada Materi Kompresor dalam Mata Kuliah Pompa dan Kompresor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash pada Materi Kompresor dalam Mata Kuliah Pompa dan Kompresor)
- Published Version
Download (40kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan peningkatan prestasi belajar dengan penggunaan media animasi macromedia flash sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar materi kompresor dalam mata kuliah pompa dan kompresor pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FT UNNES. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan jenis Randomized Kontrol Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah pompa dan kompresor. Penentuan sampel dilakukan secara acak. Peneliti mengambil 40 mahasiswa dari 86 mahasiswa yang mengambil mata kuliah pompa dan kompresor dimana terdapat 2 rombel, dari masing-masing rombel diambil 20 mahasiswa secara acak untuk dijadikan sebagai sampel kelompok kontrol dan diambil 20 mahasiswa secara acak sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes, analisis data dengan teknik statistik deskriptif. Dari perhitungan didapat rata-rata kelompok eksperimen = 76,75; varians = 60,36. Rata-rata untuk kelompok kontrol = 48,40; varians = 96,46. Didapat thitung = -10,017 dengan taraf nyata 5% dan dk = (20+20) - 1 = 39 diperoleh ttabel = 2,02. Hal ini menunjukkan -10,017 < 2,02 berarti thitung < -ttabel (-10,017 < -2,02 ) sehingga dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan hasil belajar, maka ditolak dan yang berbunyi “Ada peningkatan hasil belajar menggunakan media animasi macromedia flash dan microsoft office power point dalam materi kompresor pada mahasiswa pendidikan teknik mesin” diterima. Saran yang dikemukakan adalah, sebaiknya dalam pembelajaran, dosen menggunakan media pembelajaran berbasis animasi macromedia flash untuk membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh pengajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, media pembelajaran, materi kompresor, peningkatan hasil belajar materi kompresor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Aug 2012 12:05 |
Last Modified: | 25 Aug 2012 12:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14233 |
Actions (login required)
View Item |