“Peningkatan Hasil Pembelajaran Diferensial Gardan Dengan Aplikasi Alat Peraga Diferensial Gardan Action Bagi Siswa SMK Negeri 4 Semarang
Moch Fitria Arif N, 5201406515 (2011) “Peningkatan Hasil Pembelajaran Diferensial Gardan Dengan Aplikasi Alat Peraga Diferensial Gardan Action Bagi Siswa SMK Negeri 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (“Peningkatan Hasil Pembelajaran Diferensial Gardan Dengan Aplikasi Alat Peraga Diferensial Gardan Action Bagi Siswa SMK Negeri 4 Semarang)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Alat Peraga adalah salah satu media visual yang dapat didefinisikan sebagai alat bantu untuk pendidik atau mengajar, agar materi yang diajarkan oleh guru mudah dipahami oleh anak didik.Istilah ini menunjukkan segala sesuatu yang membawa atau menyalurkan informasi antara sumber dan penerima. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah tentang peningkatan hasil pembelajaran diferensial gardan dengan aplikasi alat peraga diferensial gardan action bagi siswa SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar siswa jika menggunakan alat peraga pada mata pelajaran defferensial gardan/drive trian terutama tentang alat peraga sistem diferensial gardan pada siswa jurusan otomotif SMK Negeri 4 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa otomotif yang mendapatkan mata pelajaran defferensial gardan di SMK Negeri 4 Semarang yang terdiri dari dua kelas dengan 30 siswa tiap kelasnya. Penelitian dilakukan satu kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa dan satu kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini ada dua yaitu hasil pembelajaran ceramah dan hasil pembelajaran ceramah dengan media peraga dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Data diperoleh dengan tes ditolak dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitiaan diperoleh, bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar. Hal ini ditunjukkan dengan t-test dua pihak menghasilkan thitung ≥ ttabel yaitu thitung 7,52 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara deskriptif prosentase yaitu membandingkan selisih antara nilai awal rata-rata hasil belajar dengan nilai akhir rata-rata hasil belajar pada tiap kelompok.Hal ini memberikan bukti bahwa dengan penggunaan alat peraga hasil post test siswa meningkat. Untuk itu bagi para guru agar menggunakan metode pembelajaran ceramah disertai dengan pemberian alat peraga sebagai alternatif untuk mengajarkan mata pelajaran tengtang sistem diferensial gardan, sebab dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran alat peraga, dalam meningkatkan pembelajaran sistem diferensial gardan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 25 Aug 2012 12:02 |
Last Modified: | 25 Aug 2012 12:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14232 |
Actions (login required)
View Item |