Penggunaan Macromedia Flash Professional 8 sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Praktik kelistrikan Otomotif Sub Bahasan Baterai pada Mahasiswa Teknik Mesin Unnes

Abdul Wakhid, 5201406016 (2011) Penggunaan Macromedia Flash Professional 8 sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Praktik kelistrikan Otomotif Sub Bahasan Baterai pada Mahasiswa Teknik Mesin Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran bateri dengan metode ceramah biasa dan pembelajaran baterai dengan metode ceramah dilengkapi media pembelajaran dengan macromedia flash professional 8. Penelitian ini menggunakan rancangan “true experimen” dengan model group pretest-postest design. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa teknik mesin Unnes yang mengikuti mata kuliah praktik kelistrikan otomotif semester genap tahun 2011. Rombel 1 dengan jumlah 38 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan rombel 2 dengan jumlah 22 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Pada mulanya kedua kelompok diberikan tes pendahuluan (pretest) untuk mengetahui kondisi awal masing-masing, setelah itu diberikan perlakuan pembelajaran materi baterai. Pada kelompok kontrol pembelajaran baterai dengan metode ceramah biasa sedangkan pada kelompok eksperimen pembelajaran dengan ceramah dilengkapi media baterai dengan macromedia flash professional 8. Kemudian pada keduanya diberikan tes akhir (postest) untuk mengetahui hasil akhirnya, dari hasil belajar ini diuji dengan uji perbedaan rata-rata dua varians untuk mengetahui perbedaannya. Berdasarkan data pada kondisi awal, menunjukkan bahwa kemampuan awal antara kelompok eksperimen dan kontrol relatif sama. Setelah dilakukan pembelajaran pada kelompok ekperimen menggunakan pembelajaran ceramah materi baterai dengan media pembelajaran macromedia flash professional 8 dan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran ceramah biasa, terlihat bahwa hasil belajar kedua kelompok tersebut berbeda secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t yang diperoleh thitung sebesar 3,404>ttabel (2,00) yang berarti Ho ditolak. Dengan penolakan Ho ini berarti bahwa pembelajaran baterai dengan media macromedia flash professional 8 mempunyai hasil yang berbeda dengan pembelajaran biasa. Hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran baterai dengan media macromedia flash professional 8 mengalami peningkatan yang nyata. Hal ini ditunjukkan dari hasil sebelum pembelajaran rata-rata hasil belajar 54,61 dan setelah pembelajaran menjadi 70,11 atau dapat dikatakan hasil belajar meningkat sebesar 128.4%. Ada indikasi bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ini karena adanya variasi pembelajaran yang dilakukan yaitu menggunakan macromedia flash professional 8.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: materi baterai, macromedia flash professional 8, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 07:52
Last Modified: 25 Aug 2012 07:52

Actions (login required)

View Item