Pengetahuan dan Sikap Mas yarakat Terhadap S istem Resapan Air Hujan di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang


Achmad Rifai, 5101406026 (2011) Pengetahuan dan Sikap Mas yarakat Terhadap S istem Resapan Air Hujan di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengetahuan  dan  S ikap  Mas yarakat  Terhadap  S istem Resapan Air  Hujan di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang] Microsoft Word (Pengetahuan dan S ikap Mas yarakat Terhadap S istem Resapan Air Hujan di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang) - Published Version
Download (58kB)

Abstract

Pengetahuan adalah penginderaan manusia atau hasil seseorang terhadap objek atau melalui indera yang dimilikinya (mata, hidung, telinga dan sebagainya). Sebagian besar pengetahuan seseorang diperoleh melalui indera penglihatan dan pendengaran. Pengetahuan seseorang terhadap objek mempunyai intensitas yang berbeda-beda. Sikap adalah respon tertutup seseorang terhadap stimulus atau objek tertentu, yang sudah melibatkan faktor pendapat dan emosi yang bersangkutan (senang- tidak senang, setuju-tidak setuju, baik-tidak baik, dan sebagainya). Campbell (1950) mendefinisika n sangat sederhana, yakni: ”An individual’s attitude is syndrome of response consistency with regard to object ”. Jadi jelas dikatakan bahwa sikap itu sindroma atau kumpulan gejala dalam merespon stimulus atau objek, sehingga sikap itu melibatkan pikiran, perasaan, perhatian dan gejala kejiwaan yang lain. Newcomb (1950) salah seorang ahli psikologi sosial menyatakan bahwa, sikap merupakan kesiapan atau kesediaan untuk bertindak dan bukan merupakan pelaksanaan motif atau tujuan tertentu. Dalam kata lain, fungsi sikap belum merupakan tindakan (reaksi terbuka) atau aktivitas, akan tetapi merupakan predisposisi perilaku atau tindakan (reaksi tertutup). Thurstone & Chave (Mitchell,1990) mengemukakan definisi sikap sebagai keseluruhan kecenderungan dan perasaan, c uriga atau bias, asumsi-asumsi, ide- ide, ketakutan- ketakutan, tantangan-tantangan dan keyakinan-keyakinan manusia mengenai topik tertentu. Peresapan air adalah instalasi pembuangan air limbah yang berasal dari dapur, kamar mandi dan air hujan (Perda no 5 Th 2009 Tentang Pembangunan Gedung). Sumur resapan adalah instalasi untuk menampung pembuangan air permukaan (Perda no 5 Th 2009 Tentang Bangunan Gedung). Dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasi tentang pengetahuan dan sikap masyarakat di kecamatan Gunungpati kota Semarang. Dari hasil yang diperoleh rata-rata skor untuk tingkat pengetahuan sebesar 12,34 dengan tingkat persentase sebesar 82,3 % kategori sangat baik, sedangkan untuk tingkat sikap masyarakat diperoleh rata-rata skor sebesar 23,5 denga n tingkat persentase sebesar 69,2 % sehingga dari data yang diperoleh masyarakat di kecamatan Gunungpati sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa untuk tingkat pengetahuan dan sikap masyarakat dikecamatan Gunungpati kota Semarang yang di dalamnya kelurahan mangunsari, kelurahan Patemon, kelurahan Sekaran (Desa Sekaran dan Perum. Permata Safira) baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan dan S ikap Masyarakat di Kecamatan Gunungpati kota Semarang.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 11:48
Last Modified: 25 Aug 2012 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14228

Actions (login required)

View Item View Item