Mengubah Fungsi Motor DC Sebagai Tacho Generator Untuk Media Pembelajaran Praktek Pengaturan Kecepatan Motor Listrik


Adam Untoro, 5301407022 (2011) Mengubah Fungsi Motor DC Sebagai Tacho Generator Untuk Media Pembelajaran Praktek Pengaturan Kecepatan Motor Listrik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mengubah Fungsi Motor DC Sebagai Tacho Generator Untuk Media Pembelajaran Praktek Pengaturan Kecepatan Motor Listrik] Microsoft Word (Mengubah Fungsi Motor DC Sebagai Tacho Generator Untuk Media Pembelajaran Praktek Pengaturan Kecepatan Motor Listrik) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kendala yang terjadi dalam praktek pengaturan kecepatan motor listrik antara lain terbatasnya unit alat ukur kecepatan serta cara pemakaian alat ukur yang belum sesuai dengan prosedur sehingga kegiatan praktek pengaturan kecepatan motor listrik kurang efektif. Motor DC menjadi generator DC sebagai tacho generator dapat dijadikan alternatif alat ukur kecepatan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat tacho generator untuk mengatasi kesulitan pembacaan putaran pada praktek pengaturan kecepatan motor listrik. Manfaat yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membuat pembelajaran praktek pengaturan kecepatan motor listrik jadi lebih efektif dengan menggunakan tacho generator sebagai alat ukur kecepatan motor listrik. Penelitian dimulai dengan uji coba di Laboratorium untuk menentukan skala kecepatan berdasarkan tegangan output pada tacho generator. Selanjutnya, tacho generator diujikan terhadap praktikan. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, dengan teknik tersebut maka dibentuk 2 kelompok yang terdiri dari 3 mahasiswa tiap kelompok. Kelompok tersebut melaksanakan kegiatan praktek pengaturan kecepatan motor listrik dengan menggunakan tacho mekanik, tacho inframerah, dan tacho generator. Metode dokumentasi untuk mendapatkan data praktek mahasiswa praktikan dan lamanya waktu kegiatan praktek. Metode kuisiner / angket untuk praktikan dapat mengukur tingkat kemudahan penggunaan tacho generator. Hasil uji laboratorium motor DC dapat menjadi generator DC dengan membangkitkan tegangan 0 – 12 volt untuk kecepatan putaran motor listrik 0 – 1500 rpm. Maka dapat disimpulkan motor DC dapat diubah fungsi menjadi generator DC sebagai tacho generator. Uji beda hasil pengukuran, didapatkan tacho generator tidak mempunyai perbedaan hasil pengukuran dengan tacho mekanik dan tacho inframerah, maka tacho generator mempunyai akurasi yang sama baik dengan tacho mekanik dan tacho inframerah. Dari data angket praktikan didapatkan 91,6 % dengan kriteria sangat baik untuk kemudahan pemakaian dalam memperoleh data kecepatan motor listrik dalam praktek. Untuk efektifitas waktu pelaksanan praktek penggunaan tacho generator dapat menghemat 30% sampai 33,33% dari waktu yang ditentukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan tacho generator sangat efektif dan mudah pemakaian dalam kegiatan praktek. Simpulan secara garis besar bahwa media pembelajaran berupa tacho generator ini sangat efektif pada kegiatan praktek pengaturan kecepatan motor listrik. Sebagai saran adalah untuk poros motor yang berbeda memerlukan perhitungan perbandingan diameter poros.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motor DC, generator DC, tacho generator, kecepatan putaran
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 11:43
Last Modified: 25 Aug 2012 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14227

Actions (login required)

View Item View Item